Video Viral Jalan Tikus Dipadati Motor Pemudik, Cek Faktanya

Sebuah video viral beredar, disebut-sebut sebagai kemacetan parah yang dipadati sepeda motor rombongan pemudik di “jalan tikus” untuk mudik Lebaran 2021.

Baca Juga: Akibat Rem Blong, Truk Tangki Terbalik di Nagan Raya Aceh 

Tangkapan layar video viral yang menyebut jalan tikus pemudik.

Walau sumbernya tak jelas asalnya, serta kebenarannya, dan hanya secara berantai, pada video itu tergambar antrian macet mengular ratusan sepeda motor pada sebuah “jalan tikus”.

Baca Juga: Sindir Gus Miftah, UAS: Tak Bisa Bedakan Toleransi dan Telor Asin

Pada video yang beredar Rabu, 5 Mei 2021 ini, rekaman bersangkutan muncul dari media sosial Tik Tok. Tampak antrian sepeda motor terhenti macet tak bergerak pada jalan tikus di perbukitan dengan kombinasi jurang.

Obrolan berantai dari video viral itu, merupakan kumpulan orang-orang yang sedang mudik menggunakan sepeda motor dengan melintasi jalan tikus.

Baca Juga: Ketahuan Bersetubuh dengan Pria Lain Dalam Kamar, Istri Ditelanjangi Suami Lalu Diikat

Mereka diyakini adalah para pemudik yang berupaya menghindari penyekatan atau petugas, pada jalur-jalur reguler tujuan mudik Lebaran 2021.

Tidak diketahui pasti lokasi kemacetan di perbukitan diantara kumpulan sepeda motor yang disebut-sebut pemudik tersebut. Hanya terdengar sayup-sayup, orang-orang bersangkutan menggunakan Bahasa Jawa.

Baca Juga: Dua Pengedar Sabu di Langsa Diciduk Polisi, 5 Paket Sabu Diamankan

Dalam video viral tersebut, diduga kemacetan di jalan tikus perbukitan tersebut, disebabkan ada arus lain dari arah berlawanan yang juga jumlahnya banyak.

Akhirnya, kedua arah arus sepeda motor yang jumlahnya sangat besar itu, saling bertemu pada celah sempit di samping jurang. Karena satu sama lain sudah tak ada lagi celah untuk dilewati, akhir kedua arah kumpulan sepedamotor itu saling tertahan.

Berikut video viral disebut dengan jalan tikus yang digunakan pemudik:

PENJELASAN

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran, video viral di media sosial yang menampilkan pengendara sepeda motor mengular di jalanan perbukitan tersebut tidak ada sangkutpautnya dengan larangan mudik lebaran 2021.

Baca Juga: Terkait Dugaan Korupsi Beasiswa, 6 Anggota DPRA Hari Ini Diperiksa Polisi

Video tersebut sebelumnya pernah diunggah oleh pemilik akun TikTok @arexarinkristyanto9. Tertera dalam unggahan, video tersebut dibagikan pada (15/3), jauh sebelum mudik lebaran 2021.

Menurut informasi yang beredar, video tersebut direkam ketika acara Trabas Ngetrail tahun 2020 lalu.

"Saking lamanya gak ada event. Bukan masalah macetnya tapi niat banget hadiri baksosnya. Alhamdulillah tembus Rp 140 juta lebih dana terkumpul," tulis narasi video asli.

Baca Juga: Viral, Wanita Menegur Sekelompok Perempuan Tak Puasa Saat Makan di Restoran Tionghoa di Singapura 

Meski begitu, sejauh ini belum diketahui persis lokasi pengambilan video tersebut.

Sementara itu, ada pula seorang warganet dalam kolom komentar yang mengatakan bahwa video ungggahan @arexarinkristyanto9 dipakai oknum tak bertanggung jawab untuk dikaitkan dengan larangan mudik 2021.

"Orang yang tidak bertanggung jawab telah mengambil video ini lalu disebar di WA dengan text 'Jalan Tikus Macet' untuk menginformasikan orang mudik 2021 yang dilarang," tulis akun bernama Iwan.

Baca Juga: Polisi Tangkap 6 Pencuri Rumah Kosong di Banda Aceh 

KESIMPULAN

Dari penemuan tersebut, diketahui bahwa video sebagaimana disangkutpautkan dengan mudik lebaran 2021 merupakan video lama.

Unggahan tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Baca Juga: KKB Bakar Gedung Sekolah dan Puskesmas di Ilaga Papua

Itulah hasil cek fakta pada video viral di media sosial yang menampilkan kemacetan di jalan perbukitan yang dikaitkan mudik lebaran, dan ternyata salah dan tidak ada kaitannya dengan mudik lebaran. source

0 Response to "Video Viral Jalan Tikus Dipadati Motor Pemudik, Cek Faktanya"

Post a Comment