513 Warga Aceh Timur Mengungsi karena Bau Gas yang Menyengat

Sebanyak 513 warga Desa Panton Rayeuk, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, mengungsi akibat paparan bau gas yang diduga dari PT Medco E & P Malaka.

Baca Juga: Viral Video ABG Melecehkan Salat Sambil Merokok

Para warga mulai mengungsi sejak Minggu malam (27/6). Akibat paparan gas tersebut sejumlah warga juga mengalami mual dan muntah sehingga terpaksa dilarikan ke rumah sakit setempat.

Baca Juga: Viral Kapal Aceh Hebat Kebanjiran, Air Menggenangi Dek

"Masih dalam pendataan lagi, tapi jumlah pengungsi sementara ini sebanyak 513 pengungsi," kata Kepala BPBD Aceh Timur, Ashadi saat dikonfirmasi, Senin (28/6).

Pihaknya saat ini sudah mendirikan tiga tenda darurat untuk pengungsi, sebagian warga yang sempat mengalami mual dan muntah kini kondisinya membaik.

"Kita belum tahu pasti apakah mereka mual muntah akibat tercium gas PT Medco atau bukan, saat ini kita masih menunggu hasilnya," kata Ashadi.

Baca Juga: Viral Pasangan Ini Mesum dan Curi Kotak Amal di Masjid

Sementara itu VP Relations & Security Medco E&P Indonesia Arif Rinaldi membantah bahwa perusahaan tersebut mengeluarkan bau gas menyengat yang bikin warga mengungsi.

"Berdasarkan monitoring pekerja perusahaan di lokasi, hingga Minggu malam tidak ada bau gas," kata Arif Rinaldi dalam keterangannya.

Arif menjelaskan, dari hasil monitoring, perusahaan juga tidak sedang melakukan aktivitas yang berpotensi menimbulkan bau. Namun, perusahaan terus memonitor aktivitas operasi.

Baca Juga: Digerebek Warga saat Mesum dengan Cleaning Service, ASN Kemenag Aceh Kabur Lewat Jendela

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) dan aparat terkait serta berharap dukungan masyarakat, pemerintah serta pemangku kepentingan agar operasi perusahaan dapat berjalan aman," kata dia. source

0 Komentar

close