Jerman Dibawah Tekanan saat Melawan Portugal

JERMAN berada di bawah tekanan sengit menjelang pertandingan penting Euro 2020 melawan Portugal pada Sabtu ketika sang juara dunia Prancis berusaha meraih tempat di babak 16 besar dan Spanyol mengejar kemenangan pertama.

Setelah kegagalan mereka untuk lolos dari fase grup di Piala Dunia 2018, Jerman asuhan Joachim Loew kalah 1-0 dari Prancis dalam pertandingan pembukaan mereka di Euro dan kekalahan lain melawan pemegang gelar akan membuat mereka menghadapi eliminasi awal lagi.

Jerman memiliki keunggulan kandang di Munich, tetapi dengan bukti penampilan terakhir mereka akan berjuang untuk memenangkan pertarungan kelas berat terbaru di Grup F.

Meski begitu, Loew -- yang akan mundur di akhir turnamen -- yakin timnya bisa bangkit.

"Tekanan selalu sama, tidak masalah siapa yang kami lawan, dan kami bisa mengatasinya," kata Loew kepada wartawan menjelang pertandingan.

Pemain Portugal Cristiano Ronaldo tiba di tanah Jerman akan tampil percaya diri usai meraih kemenangan 3-0 atas Hongaria di Budapest dan kemenangan lain akan mengamankan tempat mereka di babak 16 besar sebelum pertandingan terakhir grup melawan Prancis.

Namun, pelatih veteran Portugal Fernando Santos memperingatkan: "Anda tidak dapat membandingkan Hungaria dengan Jerman dan kami harus siap untuk apa pun yang dilemparkan kepada kami."

Ronaldo melihat lebih banyak sejarah

Ronaldo akan kembali menjadi sorotan setelah menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Kejuaraan Eropa dengan dua gol melawan Hungaria yang membuatnya mengoleksi 11 gol di lima turnamen.

Dengan 106 gol dalam 176 pertandingan untuk Portugal, Ronaldo hanya terpaut tiga gol dari rekor internasional sepanjang masa, yang dibuat oleh Ali Daei yang mencetak 109 gol untuk Iran antara 1993 dan 2006.

"Cristiano Ronaldo tidak bisa memenangkan pertandingan sendirian, jadi semua orang harus memainkan peran mereka," Santos memperingatkan.

Prancis memenuhi tagihan mereka sebagai favorit pra-turnamen dalam kemenangan 1-0 mereka atas Jerman, dan pemegang Piala Dunia akan diharapkan untuk membangun itu melawan Hungaria pada pertandingan pertama Sabtu, pada 1300 GMT di Budapest.

“Jika satu tim bernilai 900 juta euro dan kami 60 juta euro, Anda mungkin akan melihat perbedaan itu di lapangan,” aku pelatih Hungaria Marco Rossi sambil mempertimbangkan prospek menghadapi pemain seperti Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Paul Pogba.

Hungaria mengharapkan kerumunan penonton mencapai 60.000 di stadion Puskas Arena, satu-satunya tempat Euro 2020 tanpa batasan kapasitas karena Covid-19.

"Dukungan stadion penuh merupakan keuntungan bagi Hongaria, itu banyak membantu mereka di pertandingan pertama," kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

Dalam pertemuan lain hari Sabtu, semua mata akan tertuju pada striker Spanyol saat tim Luis Enrique menghadapi Polandia di Seville di Grup E.

Juara Eropa 2008 dan 2012 itu ditahan imbang 0-0 oleh Swedia di laga pembuka, sementara kehadiran Robert Lewandowski tak mampu mencegah Polandia kalah 2-1 dari Slovakia di laga perdananya.

Striker Spanyol Alvaro Morata dicemooh oleh para penggemarnya sendiri melawan Swedia tetapi akan mempertahankan tempatnya.

“Di level internasional, hanya ada satu yang mengalahkannya, yaitu Harry Kane,” tegas Luis Enrique sambil membela pemainnya.

Skotlandia tahan Inggris

Pada hari Jumat Skotlandia menghasilkan penampilan yang menarik untuk menahan Inggris bermain imbang 0-0 di Wembley di Grup D, ketika musuh lama bentrok di turnamen besar untuk pertama kalinya sejak Euro 96.

Skotlandia layak mendapatkan poin pertama mereka, dengan kapten Andy Robertson berkata: "Saya yakin kami seharusnya memenangkan pertandingan."

Hasil imbang itu membuat Inggris semakin dekat ke babak 16 besar tetapi para penggemar mereka -- yang berjumlah 22.500 orang di Wembley -- tidak terkesan dengan tim Gareth Southgate.

"Itu bukan penampilan terbaik kami, tapi itu satu poin lagi yang lebih dekat ke kualifikasi dan itulah tujuan utama kami," kata kapten Kane kepada ITV.

Inggris memiliki empat poin dengan Republik Ceko, yang bermain imbang 1-1 dengan Kroasia di Glasgow saat penalti babak pertama Patrik Schick dibatalkan oleh tendangan luar biasa Ivan Perisic pada menit ke-47.

Di Saint Petersburg di Grup E, Swedia mengalahkan Slovakia 1-0 dengan penalti Emil Forsberg terlambat untuk bergerak di atas lawan mereka di klasemen.

Sementara itu gelandang Denmark Christian Eriksen telah keluar dari rumah sakit pada hari Jumat setelah "operasi yang berhasil" hampir seminggu setelah menderita serangan jantung saat pertanding melawan Finlandia.

Dokter mengatakan Eriksen, 29, akan memasang defibrilator jantung untuk mengatur ritme jantungnya, menimbulkan keraguan apakah dia akan bisa bermain lagi. (*)

0 Komentar

close