Pengguna Windows 11 Bisa Menjalankan Aplikasi Android di Komputer

Microsoft minggu lalu mengumumkan bahwa pengguna Windows 11 akan dapat menginstal aplikasi Android dari Amazon Appstore di PC mereka. 

Seorang karyawan Microsoft mengatakan sistem operasi Windows 11 akan dapat menjalankan aplikasi yang di-sideload juga, hal ini sebagai upaya untuk memberi pengguna sebanyak mungkin fitur yang tersedia di Windows 11.

Android adalah sistem operasi gratis yang memungkinkan penggunanya untuk menginstal aplikasi, yang dikirimkan sebagai file Paket Android (APK), dari berbagai sumber. 

Platform seperti Amazon Appstore agak populer, tetapi banyak pengembang hanya merilis aplikasi mereka ke Google Play Store. Namun kekhawatirannya adalah bahwa dukungan Windows 11 terhadap aplikasi Android akan sedikit dibatasi pada Amazon Appstore karena platform tersebut tidak memiliki beberapa perangkat lunak yang mendukung di Android.

Insinyur Terhormat Microsoft Miguel de Icaza menanggapi kekhawatiran tersebut di Twitter. Icaza hanya menjawab "Ya" kepada satu pengguna Twitter yang menanyakan apakah Windows 11 akan menjalankan APK yang diperoleh dari luar Amazon Appstore. 

Kemudian, memberi tanggapan kepada pengguna lain yang menyebut Amazon Appstore “Diet Coke of App Stores”, katanya. “kalau begitu pakai APK Anda sendiri,” 

Pesannya jelas: Kemitraan Microsoft dengan Amazon tidak akan membatasi Windows 11 untuk aplikasi Android tertentu.

Pendekatan ini harus akrab bagi pengguna Windows. Microsoft memiliki platform distribusi aplikasinya sendiri di Microsoft Store, tetapi itu bukan satu-satunya sumber perangkat lunak Windows. 

Orang bebas menginstal program baru melalui pasar alternatif seperti Steam, Epic Games Store, dan GOG; mereka juga dapat mengunduh file yang dapat dieksekusi langsung dari situs web pengembang. Microsoft Store adalah pilihan, tetapi itu bukan satu-satunya pilihan. (*)

0 Komentar