Sungai Kali Bulan Meluap, 3 Kecamatan di Aceh Tenggara Terendam Banjir

Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh mengakibatkan tiga kecamatan terendam banjir. Ketinggian air yang menggenangi permukiman penduduk mencapai 60 sentimeter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, mengatakan banjir terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi sejak pukul 22. 57 WIB, Minggu, 15 Agustus 2021.

"Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Tenggara mengakibatkan meluapnya air sungai Kali Bulan dan jebolnya tanggul sungai di beberapa desa sehingga mengakibatkan terjadinya banjir," kata Ilyas, Senin, 16 Agustus 2021.

Wilayah yang terendam banjir di antaranya Kecamatan Deleng Pokhisen, Desa Penampakan, Gusung batu; Kecamatan Babussalam, Desa Batu mbulan Sepakat, Batu mbulan asli dan Desa Gumpang Jaya.

"Kemudian di Kecamatan Bambel, Desa Bambel," ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara telah mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk kaji cepat serta berkoordinasi dengan instansi terkait serta tim gabungan dibantu masyarakat sedang bergotong royong membersihkan material lumpur.

"Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Namun, untuk data dampak material, korban terdampak dan pengungsi masih dilakukan pendataan oleh tim dilapangan. Untuk kondisi terakhir, hingga kini air masih menggennagi beberapa desa," jelasnya. source

0 Komentar

close