Viral Bendera Merah Putih Terbalik di Aceh Barat, Pemkab: Yang Pasang Mengantuk

Foto bendera Merah Putih dipasang terbalik berkibar di salah satu kantor dinas di Aceh Barat viral. Apa penyebab bendera itu terbalik?

Baca Juga: Sumber Intelijen Sebut China Ikut Bantu Kemenangan Taliban di Afghanistan

Dilansir dari Antara, Rabu (18/8/2021), bendera terbalik itu berkibar di halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Aceh Barat. Insiden itu menjadi perhatian karena beredar di media sosial.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Aceh Barat, Tarfin, kemudian buka suara. Dia mengatakan insiden terbaliknya pemasangan bendera Merah Putih di halaman kantor setempat merupakan peristiwa yang tidak disengaja.

Baca Juga: Beda dengan AS, China & Rusia Mesra ke Taliban di Afghanistan

"Kami tegaskan bahwa insiden berkibarnya bendera Merah Putih di halaman kantor ini karena kealpaan petugas jaga malam, karena saat benderanya dipasang, diduga petugasnya masih mengantuk," kata Tarfin.

Dia mengatakan petugas jaga malam itu langsung pulang ke rumah tanpa melihat lebih jelas kondisi bendera. Peristiwa tersebut, kata Tarfin, diduga direkam warga dan tersebar melalui media sosial.

Tarfin menyebut peristiwa itu terjadi pada Hari Kamis (12/8), saat dirinya akan memulai tugas perdana di kantor setempat. Dia menegaskan petugas jaga malam yang memasang bendera terbalik telah diberi teguran.

Dia meminta petugas lebih berhati-hati saat melakukan pemasangan bendera Merah Putih saat pagi hari. Bendera yang terbalik itu kemudian diturunkan dan dikibarkan lagi oleh petugas lain sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Langsa, Aceh Besar, Banda Aceh dan Singkil Zona Merah

Tarfin menegaskan insiden tersebut murni kealpaan petugas jaga malam yang masih mengantuk. Dia mengatakan peristiwa itu tidak terkait dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-76.

"Insiden terbaliknya bendera Merah Putih ini juga tidak terkait dengan Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun," kata Tarfin. source

0 Komentar

close