Tiga Rumah di Aceh Barat Rusak Dihantam Angin Kencang

Hujan disertai angin kencang menimpa Gampong Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Jumat (1/10). Akibatnya, tiga rumah dan satu unit bangunan sekolah dasar rusak pada bagian atap.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan hasil kaji cepat sementara, peristiwa tersebut berdampak pada 11 jiwa dari 3 KK. Kaji cepat dilakukan Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat.

"Sementara tidak ada korban jiwa meninggal dunia atas kejadian tersebut," kata Abdul Muhari melalui keterangan tertulis, Jumat (1/10).

Saat ini, warga yang tertimpa bencana tersebut mulai memperbaiki dan membersihkan puing-puing bangunan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Aceh hingga Sabtu (2/10). BMKG menetapkan Provinsi Aceh dalam status "Waspada" untuk potensi dan dampak banjir bandang yang dapat dipicu faktor cuaca.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Provinsi Aceh menyampaikan informasi peringatan dini potensi hujan tersebut kepada BPBD Kabupaten/Kota untuk diteruskan kepada pihak terkait di kabupaten/kota dan masyarakat. Informasi tersebut diharapkan dapat dijadikan dasar untuk pengambilan kebijakan dan lebih meningkatkan kewaspadaan seluruh unsur dalam menghadapi potensi dan ancaman bencana hidrometeorologi. source

0 Komentar

close