Kisah Dramatis Nelayan Pidie Aceh, Berenang 2 Jam di Laut Lepas Usai Terjatuh dari Boat

Nasib baik dialami  Ibnu Abbas (27), nelayan asal Gampong Ujong Pie, Kecamatan Muara Tiga (Laweung), Kabupaten Pidie Aceh.

Foto: serambinews

Setelah terombang-ambing dan berenang selama 2  jam di lautan lepas, ia berhasil diselamatkan rekan-rekannya yang sengaja mencarinya.

Ibnu terjatuh dari boat dompeng miliknya saat melaut di kawasan rumpon Aneuk Laot, sekitar 15 mil dengan garis pantai kawasan tersebut.

Dalam kondisi lemas, Ibnu dievakuasi ke dalam boat oleh rekan korban yang belum diketahui identitasnya.

"Setelah dievakuasi ke dalam boat temannnya, Ibnu Abbas dibawa ke Puskesmas Laweung," kata Sekretaris Panglima Laot Pidie, Suprian, kepada Serambi, Kamis (18/11/2021).

Suprian menceritakan, awalnya boat milik Ibnu Abbas ditemukan tanpa pemilik di laut Laweung, pada Rabu (17/11/2021) sekitar pukul 16.21 WIB, di kawasan rumpon Aneuk Laot yang jaraknya sekitar 15 mil dari garis pantai setempat.

Lalu, nelayan tersebut menarik boat tanpa awak itu ke daratan.

Ia menyebutkan, peristiwa hilangnya nelayan di laut itu akhirnya dilaporkan kepada Abu Lhok Ujong Pie.

Setelah mendapat informasi itu, sepuluh boat dikerahkan untuk mencari Ibnu Abbas.

Pencarian itu akhirnya membuahkan hasil.

Ibnu Abbas ditemukan dalam keadaan selamat meski ia sedang berupaya menyelamatkan diri dengan berenang di laut lepas.

"Saat ditemukan nelayan, keadaan Ibnu Abbas sangat lemas lantaran hampir dua jam ia berenang di laut lepas sehingga banyak menguras tenaga.

Sesampai di darat, Ibnu Abbas langsung dibawa ke Puskesmas Laweung untuk menjalani perawatan medis," jelas Suprian seraya menyatakan Ibnu Abbas ditemukan pada hari yang sama sekitar pukul 18.00 WIB.

Meski kondisinya mulai membaik, lanjut Suprian, namun Ibnu Abbas hingga kini masih dirawat intensif di Puskesmas Muara Tiga, yang kondisinya telah membaik.

“Korban sudah bisa diajak bicara oleh keluarga yang menjaganya. Karena itu, dokter Puskemas Muara Tiga besok (hari ini-red) membolehkan keluarga membawa pulang Ibnu Abbas ke rumahnya di Gampong Ujong Pie.

Meski sudah pulang ke rumah, namun korban diminta untuk tetap berobat jalan,” ungkap Sekretaris Panglima Laot Pidie.

Terkait dengan kejadian yang menimpa Abnu Abbas, Suprian mengimbau kepada nelayan yang menggunakan boat dompeng untuk mencari ikan di kawasan rumpon, sebaiknya bersama teman atau melaut minimal dua boat.

"Sehingga, jika boat terbalik atau kejadian lain di laut, ada orang yang bisa langsung memberikan pertolongan.

Kejadian yang dialami Ibnu Abbas dimana ia pergi melaut sendiri hendaknya menjadi iktibar (mengambil contoh/pelajaran) bagi nelayan lain di Pidie," katanya.

Dalam kasus ini, beruntung ada boat lain yang menemukan boat Ibnu Abbas dalam kondisi tanpa pemilik sehingga nelayan itu langsung memberitahukan kepada Abu Lhok Ujong Pie dan selanjutnya mencari korban yang akhirnya bisa ditemukan meski dalam kondisi cukup lemas. source

0 Komentar