3 Hari Diguyur Hujan Deras, 9 Kecamatan di Aceh Barat dan Nagan Raya Dilanda Banjir

Banjir merendam wilayah 7 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat dan 2 kecamatan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Selasa (21/11). Ribuan rumah warga terdampak bencana alam ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas mengatakan, banjir dipicu hujan deras yang melanda kawasan itu sejak tiga hari belakangan.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Namun, selain merendam rumah warga, banjir turut menggenangi sejumlah fasilitas publik dan jalan.

"Ketinggian air mencapai satu meter lebih. Air masuk ke rumah warga sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi," kata Kepala Pelaksana BPBA Ilyas, Selasa (21/12).

Dia menyebut, tujuh kecamatan yang terendam banjir itu yakni: Kecamatan Woyla Timur, Woyla Barat, Meureubo, Johan Pahlawan, Kaway XVI, Arongan, dan Woyla Induk.

Saat ini, belum ada warga yang mengungsi. Namun, banjir belum surut dan hujan masih mengguyur kawasan tersebut.

Banjir di Nagan Raya

Di kabupaten tetangga Aceh Barat, yakni Nagan Raya, 13 desa dalam dua kecamatan juga terendam banjir. Ketinggian air mencapai 30 sampai 70 sentimeter merendam sejumlah desa di Kecamatan Darul Makmur dan Tripa Makmu.

BPBA mengimbau warga siaga terhadap bencana hidrometeorologi, lantaran bibit siklon tropis 94B terpantau di Samudera Hindia sebelah barat Aceh.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konvektif, yang dapat menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang," ujar Ilyas. source

0 Komentar

close