Berpulangnya Mbah Minto, Artis Parodi Penghibur Warga di Kala Pandemi

Minto Suwito Siyam atau Mbah Minto (85), artis parodi dagelan gagal mudik di YouTube dan bintang iklan berpulang. Nenek empat anak dan 15 cucu warga Dusun Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah itu meninggal dunia setelah penyakit hipertensinya kambuh.

"Betul meninggal di RSI Rabu (22/12) sekitar pukul 21.00 WIB. Dibawa pulang keluarga sekitar jam 22.30 WIB," ungkap Kasubag Humas dan Pemasaran RSI Klaten, Agus Susanto kepada detikcom, Kamis (23/12/2021).

"Tanggal masuk 13 Desember jam 23.52 WIB, sempat dirawat di ICU 4 hari. Kalau sakitnya mohon maaf kami tidak bisa memberitahukan terkait privasi pasien, bisa konfirm ke keluarga,"sambung Agus.

Anak bungsu Mbah Minto, Sudiono menyatakan ibunya memiliki riwayat penyakit darah tinggi sejak lama. Sebelum dibawa ke RS Islam danmeninggal ditemukan tidak sadar di kamar mandi.

Dijelaskan Sudiono, 15 hari lalu sang ibu masih sempat ikut membuat konten iklan bumbu dapur. Setelahnya, Mbah Minto istirahat tiga hari.

"Kamis sampai Sabtu libur syuting tapi Minggu siang (12/12) ditemukan di kamar mandi. Saat itu Aris, keponakan saya pulang kerja tapi si mbok tidak ada, kamar mandi tertutup," sambung Sudiono.

Saat pintu diketuk, tutur Sudiono, tidak ada suara sehingga mengajak keponakan lainnya. Saat dilihat, kondisi ibunya yang pernah menjadi tukang kerokan dan buruh serabutan di kampung sudah tidak sadar.

"Sudah tidak sadar. Dibawa ke RSD Bagas Waras dua hari dan di RS Islam tujuh hari, sebelumnya tensi memang sering naik," terang Sudiono.

Meninggalnya Mbah Minto viral di media sosial dan rumah duka dibanjiri bunga duka cita.

"Ya Allah. Innalillahi wa Innalillahi raji'un. Sugeng kondur Mbah Minto. Saestu, panjenengan tiyang sae.(Selamat berpulang Mbah Minto. Sungguh, Anda orang baik," demikian cuitan Ganjar di akun twitternya @ganjarpranowo pagi ini, Kamis (23/12/2021).

Ganjar menyebut sosok pemeran Simbok di video parodi gagal mudik itu menghibur banyak orang. Namun, pesan di balik gagal mudik itu pun bisa tersampaikan dan mudah dimengerti.

"Tidak hanya menghibur, tapi sekaligus bisa memberikan pesan-pesan pada masyarakat," kenang Ganjar.

"Ini bisa memberikan inspirasi pada yang lain, begini lho cara komunikasi ke publik yang baik. Pesannya dapat, dengan gaya kekinian. Dan ternyata tidak harus muda, bahkan orang senior selugu Mbah Minto bisa memberikan inspirasi pada banyak orang. Termasuk pada saya," imbuhnya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyebut karya-karya Mbah Minto dengan Ucup di YouTube turut berjasa mengangkat nama Klaten. Dia pun mengaku kehilangan sosok Mbah Minto.

Kamis (23/12) siang, Mbah Minto dimakamkan di permakaman Argoloyo, Wonosegaran, Dusun Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten sekompleks dengan almarhum suaminya. source

0 Komentar

close