Diguyur Hujan Semalaman, Langsa Terendam Banjir

Sejumlah wilayah di Kota Langsa terendam banjir akibat guyuran hujan sejak Kamis (30/12) sore hingga Jumat (31/12) pagi sekira pukul 07:00 dengan ketinggian air bervariasi mencapai 0,5 meter.

KONDISI banjir di Gampong Lengkong, Kecamatan Langsa Baro, Jumat (31/12). Waspada/dede

Informasi yang wartawan, wilayah Kota Langsa sejak Kamis (30/12) kondisi cuaca sudah mendung, disertai awan hitam tebal dan hujan deras hingga Jumat (31/12) pukul 08:30 Kota Langsa masih terus diguyur hujan.

Berikut wilayah Kota Langsa yang terdampak terendam banjir akibat guyuran hujan, yakni Komplek Perumnas dan Dusun Bukit Gampong Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro mencapai satu lutut orang dewasa.

Banjir terparah terjadi di wilayah Gampong Lengkong dan Karang Anyar mencapai hampir setengah meter. Sementara parit besar yang yang melintasi dserah tersebut sudah tidak mampu menampung laju air yang datang begitu deras dari drainase perkebunan PTP Nusantara I Langsa.

Selanjutnya daerah, Gampong Birem Puntong, Gp Matang Selimeng, di mana parit besar yang berada di sisi Jalan Sudirman tidak mampu mengurai sehingga menyebabkan wilayah tersebut dan sekitarnya terendam banjir.

Begitu juga daerah perumahan di BTN Sungai Pauh, daerah tersebut hampir rata terendam banjir sekitar setengah meter, Jalan TM Bahrum sekitanya.

“Air mulai masuk ke rumah warga sekira pukul 02:00, dimana saat bangun tengah malam air sudah selutut kaki orang dewasa,” ungkap seorang warga Gampong Lengkong, Engki Wijaya kepada wartawan melalui selularnya.

Pihaknya memohon perhatian BPBD/Basarnas/tim SAR untuk segera observasi ke kampung kami agar menghindari hal yang tidak inginkan.

Sementara Kakansar Aceh, Budiono SE MM melalui Koordinator SAR Langsa, Aulia Rahman yang dihubungi wartawan menyatakan sejumlah wilayah dikabarkan telah terendam banjir. Seperti daerah Alur Sentang, Paya Bili sudah teredam banjir, begitu juga daerah Langsa, yakni Gampong Lengkong, Karang Anyar dan sekitarnya.

“Sejak pukul 03:00 personel SAR sudah stand by di beberapa titik banjir. Bahkan, pihaknya saat ini sudah siaga penuh dengan melakukan patroli ke gampong untuk melakukan evakuasi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Sementara hingga berita ini diturunkan air hujan yang menguyuran wilayah Kota Langsa belum juga reda hujan, sehigga luapan air dari perkebunan sawit milik PTPN I tersebut masih terus masuk ke pemukiman warga. source

0 Komentar

close