Negara Ini Gelar Latihan Militer Besar-besaran Dekat Indonesia, 700 Km dari Sabang, Ada Apa?

India menggelar latihan militer berskala besar di Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Jet tempur India Sukhoi Su-30.(SHUTTERSTOCK)

Kepulauan Andaman dan Nicobar terletak di dekat Indonesia, tepatnya sekitar 700 kilometer dari Pulau Sabang jika diukur melalui Google Maps.

Latihan tersebut dilaksanakan oleh Komando Bersama Andaman dan Nicobar (ANC) yang melibatkan angkatan darat, angkatan udara, angkatan laut, penjaga pantia, dan korps pasukan khusus.

Melansir The Times of India, Rabu (22/12/2021), latihan gabungan ini bertujuan untuk mobilisasi, operasi, dan kesiapan tempur pasukan.

Hal tersebut guna memvalidasi dan melatih berbagai rencana dan strategi dalam taktik di bawah komando ANC.

Komandan ANC Letnan Jenderal Ajai Singh mengatakan, ketiga pasukan dari tiga matra dimobilisasi untuk pendaratan amfibi dalam latihan tersebut.

Selain itu, dilakukan simulasi pendaratan pasukan penerjun payung di kepulauan tersebut dari pada Rabu pagi waktu setempat.

The Times of India melaporkan, latihan tersebut dilakukan di tengah konfrontasi militer yang sedang berlangsung antara India dengan China di Ladakh timur sejak April 2020.

Kini, India hendak meningkatkan kesiapannya melalui peningkatan kekuatan dan pembangunan infrastruktur militer di ANC guna mengantisipasi langkah China di Samudra Hindia.

ANC didirikan sebagai komando geografis gabungan pertama India pada Oktober 2001. source

0 Komentar

close