Terganggu dengan E-mail Masuk Padahal Anda sedang Liburan? Begini Cara Membuat Balasan Otomatis E-mail di Gmail

Saat waktu liburan tiba dan sebagian karyawan memilih untuk mengambil cuti untuk sekedar menikmati liburan. Akan tetapi tidak semua rekan di kantor atau mungkin klien mengetahui bahwa anda sedang melepas penat untuk beristirahat dari aktivitas kantor.

Ilustrasi menjawab email.

Alhasil mereka masih tetap mengirim anda melalui pesan e-mail, yang terkadang e-mail tersebut bersifat penting perihal pekerjaan dan membutuhkan jawaban segera dari anda. Tentu hal itu sedikit mengganggu waktu liburan anda, bukan?

Apabila anda mengabaikan atau tidak menjawab e-mail masuk dari rekan kantor anda. Tentu hal tersebut bukan solusi dan dinilai tidak baik. Karena bisa saja kolega anda tidak mengetahui posisi dan dan situasi terbaru anda saat ini.

Nah, bagaimana cara mengatasi kondisi seperti tersebut di atas. Tenang, Google melalui Gmail memiliki jawabannya. Di Gmail sendiri telah tersedia fitur balasan otomatis yang bisa digunakan saat anda sedang berada di luar rumah atau dalam kondisi liburan. Dengan fitur ini, anda tidak perlu ribet-ribet menjawab secara manual satu persatu e-mail yang masuk ke inbox anda. Fitur Gmail ini, akan memberikan reply atau balasan secara otomatis pada e-mail masuk itu.

Dengan memanfaatkan fitur ini, liburan anda menjadi tenang dan nikmat tanpa disibukan dengan urusan kantor. Namun, rekan atau kolega anda tetap akan mendapat pemberitahuan tentang situasi dan kondisi anda saat ini. Jangan lupa, jika anda pergi berlibur aktifkan terlebih dahulu balasan otomatis Gmail.

Lantas, bagaimana caranya?. Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda ikuti untuk mengaktifkan balasan otomatis Gmail. 

Fitur ini dapat difungsikan melalui Gmail versi website, simak dan ikuti cara berikut ini:

1. Buka terlebih dahulu akun Gmail Anda melalui laman mail.google.com atau gmail.com di browser, anda bisa gunakan Chrome atau sejenisnya.

2. Klik tanda atau ikon roda gerigi, yang terletak di sebelah kanan atas, untuk mengakses menu “Settings” atau “Setelan” 

3. Setelah itu, pilih opsi “See all settings” atau “Lihat semua pengaturan”

4. Kemudian scroll atau gulir ke bawah di bagian tab General, hingga menemukan pilihan pengaturan yang berjudul “Vacation responder” yang berarti “Penjawab saat libur”.

5. Setelah itu, akan ada beberapa pengaturan balasan otomatis yang dapat anda aktifkan sebelum pergi berlibur.

6. Untuk mengaktifkan balasan email secara otomatis, klik opsi Aktifkan.

7. Kemudian, isi durasi waktu sesuai keinginan anda saat mengaktifkan fitur balasan otomatis itu di kolom "Tanggal pertama" dan "Tanggal terakhir"

8. Setelah itu, ketik subjek atau judul e-mail yang Anda inginkan

9. Kemudian, isi dengan mengetik pesan yang ingin Anda sampaikan sebagai balasan otomatis apabila ada e-mail masuk. Misalnya, anda bisa meninggalkan pesan yang berisi pemberitahuan bahwa Anda sedang liburan.

10. Kemudian, balasan e-mail otomatis itu bisa diatur hanya kepada orang yang berada dalam kontak e-mail anda. Centang kotak "Kirimkan tanggapan hanya kepada orang-orang di dalam daftar Kontak saya"

11. Agar anda bisa melihat daftar Kontak, akses melalui ikon persegi dengan titik sembilan yang berada di pojok kanan atas. Setelah itu, pilih opsi "Kontak.

12. Setelah semua selesai diaktifkan, langkah terakhir yaitu klik “Save Changes” atau “Simpan Perubahan”.

Selain melalui Gmail web, anda juga dapat menghidupkan fitur balasan otomatis melalui aplikasi Gmail di smarphone. Langkah-langkahnya sama seperti anda mengaktifkan balasan otomatis melalui Gmail Web.

Di ponsel, anda tinggal mengakses menu Settings. Menu Settings biasanya terdapat pada opsi dengan ikon garis tiga vertikal. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti tahapan di atas.

Setelah fitur ini aktif dan dipastikan berjalan, maka Gmail akan membalas semua email yang masuk secara otomatis dengan format yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membalas e-mail itu secara manual. Demikian cara mengaktifkan balasan e-mail otomatis di Gmail, selamat berlibur.

0 Komentar

close