Cara Menghapus Akun Telegram Melalui HP

Aplikasi Telegram termasuk salah satu aplikasi perpesanan singkat yang populer digunakan oleh banyak kalangan pengguna di dunia termasuk Indonesia.

Mengutip dari kanal Telegram, CEO Telegram, Pavel Durov mengatakan, Telegram termasuk aplikasi yang paling populer ketujuh dunia kategori aplikasi pesan instan yang paling banyak diunduh pada tahun 2020.

Tidak salah memang menjadikan Telegram sebagai aplikasi populer dunia, pasalnya aplikasi ini disukai pengguna karena memiliki kaya fitur dan bersahabat bagi pengguna. 

Ya memang demikian, segala fitur untuk kebutuhan penyebaran informasi hingga chatting pribadi ada pada Telegram. Di Telegram bisa membuat channel untuk kepentingan broadcast. Membuat group untuk menjalin komunikasi dengan teman se-komunitas. Jumlah member yang ditampung dalam group Telegram tidak tanggung-tanggung, bisa hingga 200.000 member dalam satu group Telegram. Itulah diantara banyak fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna di aplikasi Telegram. 

Namun, ditengah familiarnya aplikasi ini, ada sebagian orang memutuskan untuk menghapus akun Telegram. Alasan yang paling banyak diutarakan pengguna karena kehadiran WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan utama untuk berinteraksi dengan sahabat dan komunitas.

Berbicara mengenai penghapusan akun Telegram caranya cukup mudah. Bisa dilakukan melalui HP dan PC. Terdapat dua cara dalam menghapus akun Telegram, bisa secara otomatis dan manual. Untuk menghapus akun Telegram melalui HP, anda bisa mengikut langkah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Telegram dan klik ikon bar tiga yang ada di sisi kiri layar. 

2. Selanjutnya, klik opsi Pengaturan.

3. Pilih Privasi dan Keamanan. 

4. Gulir ke bawah hingga terdapat fitur submenu "Hapus akun saya" dan klik opsi "Jika berjarak".

- Dalam pilihan ini, pengguna dapat menentukan durasi waktu yang diinginkan, terdapat pilihan 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun. Durasi waktu ini mengacu pada lamanya akun Telegram yang tidak diakses oleh pengguna. 

- Sebagai contoh, apabila pengguna memilih pilihan 3 bulan, maka akun Telegram akan terhapus otomatis jika pengguna tidak mengakses akun tersebut dalam kurun waktu 3 bulan. Akses yang dimaksud disini, anda melakukan login ke akun Telegram yang sudah diatur untuk penghapusan akun otomatis. 

Cara menghapus akun telegram

Langkah-langkah di atas cara menghapus akun Telegram secara otomatis melalui HP. 

Sedangkan cara menghapus akun Telegram secara manual, anda bisa ikuti langkah berikut:

1. Pilihan penghapusan manual bisa menggunakan situs resmi Telegram melalui link ini. 

2. Ditampilan laman, masukkan nomor telepon yang terhubung pada akun Telegram yang ingin dihapus dan pastikan dengan format yang benar. Khusus untuk Indonesia, pengguna dapat mencantumkan kode +62 yang dilanjutkan dengan nomor telepon.

3. Selanjutnya, pengguna akan menerima konfirmasi via SMS berisi kode verifikasi. Setelah menerima kode tersebut, masukan kode itu pada laman tadi dan tekan tombol Sign In (masuk). 

4. Pada laman ini, pihak Telegram meminta anda menuliskan alasan mengapa menghapus akun Telegram. Apabila pengguna sudah benar-benar yakin ingin menghapus Telegram, lanjutkan dengan menekan tombol "Hapus akun saya". 

0 Komentar

close