Jemaah Tarikat Syattariah di Nagan Raya Aceh Mulai Puasa Besok

Jemaah Tarikat Syattariah di Nagan Raya, Aceh, bakal berpuasa mulai Kamis (31/3) besok. Pengikut Abu Habib Muda Seunagan atau Abu Peulekung itu akan melaksanakan salat Tarawih malam nanti.

"Insyaallah nanti malam pertama masuk puasa, nanti malam sahur. Kamis besok mulai puasa," kata cucu kandung Abu Peulekung, Abu Said Kamaruddin, saat dimintai konfirmasi, Rabu (30/3/2022).

Abu Said mengatakan penetapan 1 Ramadan 1443 Hijriah itu diambil berdasarkan hasil kesepakatan para ulama dan teungku dayah. Musyawarah itu digelar pada Kamis (24/3).

"Sesudah dihisab oleh para teungku, insyaallah 1 Ramadan jatuh pada Jumat," jelas Said.

"Tapi di kami pengikut syattariah Habib Seunagan memang sudah diamanatkan oleh guru kami Habib Seunagan, awal Ramadan kalau jatuh pada hari Rabu dan Jumat dilarang diambil, kemudian digeser sehingga kita puasa Kamis," lanjutnya.

Menurutnya, pengikut Tarikat Syattariah punya cara hisab tersendiri, antara lain terkait bilangan naik dan turun setiap lima tahun. Bila hisab dilakukan ketika tahun bilangan naik, jadwal puasanya diundur sehari.

"Kami ada hisab tersendiri, hisab bilangan lima. Ada lima tahun bilangan naik, jadi misalnya hasil hisab jatuh pada Rabu, maka puasa dinaikkan ke Kamis," ujarnya.

Sedangkan pada hitungan lima tahun bilangan turun, jadwal puasa dipercepat. Dia mencontohkan bila 1 Ramadan jatuh pada Rabu, mereka bakal puasa sejak Selasa.

"Kalau 1 Ramadan jatuh pada hari Senin, Selasa, Kamis, itu tetap. Tidak dipindahkan lagi," bebernya. source

0 Komentar

close