Berapa MB yang Dihabiskan untuk Buka Instagram dan TikTok Selama Satu Jam?


ACEHSERAMBI.COM - Akses internet, baik menggunakan kuota data maupun WiFi, menjadi salah satu kebutuhan krusial saat ini. Sebab, internet menjadi pendukung penting bagi sebagian besar orang untuk menunjang aktivitasnya, dari bekerja hingga mencari hiburan lewat media sosial atau platform streaming.

Namun, pernahkah Anda penasaran, kira-kira berapa kuota data yang dihabiskan untuk mengakses masing-masing media sosial setiap harinya?

Masing-masing media sosial membutuhkan konsumsi data yang berbeda, tergantung output konten yang disuguhkan.

Media sosial berbasis video, misalnya, mengonsumsi lebih banyak data dibanding media sosial dengan basis konten audio atau teks.

Namun, hal ini juga tergantung pada faktor lain, seperti resolusi video yang ditonton, semakin tinggi resolusinya, maka konsumsi data akan semakin banyak pula.

Lantas, berapakah kira-kira data yang dihabiskan untuk mengakses masing-masing platform dan media sosial, seperti TikTok, Facebook, Instagram, Netflix, dan aplikasi gaming?

Situs WhistleOut melakukan riset internal untuk mengetahui berapa banyak kuota data yang dihabiskan aplikasi ketika diakses selama satu jam.

Riset ini melibatkan sejumlah aplikasi populer, seperti Facebook, Youtube, Instagram, dan Netflix.

Perlu dicatat, hasil riset internal WhistleOut melibatkan operator seluler di Amerika Serikat. Angka yang dihasilkan merupakan angka rata-rata dan bisa saja berbeda di masing-masing pengguna. Berikut paparan hasil risetnya:

1. Web browsing

Menurut WhistleOut, rata-rata data yang dikonsumsi ketika pengguna berselancar di internet melalui browser yaitu sekitar 60 MB dalam satu jam. Situs web sendiri tersedia dalam bermacam tampilan.

Situs yang menampilkan banyak gambar akan menghabiskan lebih banyak data dibanding situs yang didominasi oleh teks. Namun rata-ratanya adalah 60 MB untuk satu jam browsing.

2. Facebook

Facebook tersedia dalam versi "reguler" dan Lite (versi lebih ringan). Adapun riset ini melibatkan aplikasi Facebook reguler. Aplikasi ini disebut mengonsumsi sekitar 80 MB dalam satu jam, sebab memuat beragam konten seperti foto.

Namun jika pengguna juga menonton video di Facebook, data yang terkuras juga lebih banyak lagi, sekitar 160 MB per jam.

3. Instagram

Instagram awalnya merupakan aplikasi berbagi foto. Namun kini aplikasi yang bernaung di bawah Meta itu juga diperkaya dengan fitur Reels, yang menghimpun berbagai video pendek maupun video berdurasi cukup panjang. Selain itu, fitur Stories juga semakin memperkaya konten video di Instagram.

Riset WhistleOut menujukkan bahwa aplikasi Instagram mengonsumsi data sebesar 60 MB dalam 5 menit, atau sekitar 720 MB per jam. WhistleOut bahkan melakukan pengujian hingga lima kali dan mendapati hasil yang sama.

4. TikTok

TikTok juga menjadi aplikasi dengan video sebagai konten utamanya. Tak heran jika aplikasi ini menyedot banyak kuota data dibanding aplikasi media sosial lainnya. Menurut WhistleOut, TikTok menguras 840 MB data per jam.

Aplikasi asal China ini sendiri tidak memungkinkan pengguna mengatur resolusi video yang tayang. Namun pengguna bisa memanfaatkan mode Data Saver dalam aplikasi, sehingga resolusi videonya akan sedikit menurun dan konsumsi data yang dihabiskan sedikit berkurang.

5. YouTube

Youtube merupakan aplikasi video besutan Google. Meski menampilkan video sebagai konten utamanya, konsumsi data aplikasi ini justru lebih sedikit dibanding TikTok maupun Instagram.

Youtube disebut menguras sekitar 300 MB data per jam. Namun aplikasi ini akan lebih banyak mengonsumsi data pengguna jika resolusi yang diterapkan pada video yang ditonton adalah resolusi tinggi. Sayangnya WhistleOut tidak merinci berapa resolusi yang diterapkan saat pengujian.

6. Netflix

Sama seperti YouTube, aplikasi streaming film ini juga menyediakan opsi resolusi video. Jika pengguna menggunakan kualitas video yang rendah, maka konsumsi data Netflix berkisar 250 MB per jam.

Adapun jika pengguna menyetel kualitas video sedang, konsumsi datanya 500 MB per jam dan kualitas tinggi sekitar 1 GB per jam.

Selain dari opsi kualitas video, pengguna juga menyiasati konsumsi data dengan memanfaatkan fitur unduh film menggunakan WiFi dan menontonnya tanpa menguras kuota.

7. Streaming musik

Konsumsi data yang digunakan aplikasi streaming musik, bergantung pada setiap aplikasi. Namun rata-rata aplikasi streaming musik tidak akan menguras lebih dari 144 MB untuk streaming musik berkualitas 320 kps (rata-rata 12 MB per lagu).

Pengguna juga bisa memilih opsi kualitas audio yang lebih ramah kuota data. Spotify misalnya bisa mengakomodasi streaming musik berkualitas 96 kpbs atau 160 kps dengan konsumsi data masing-masing sekitar 43 MB dan 72 MB per jam.

Adapun Apple Music hanya menyediakan opsi kualitas audio tunggal yaitu 256 kps. Jadi konsumsi datanya juga lebih tinggi dibanding Spotify, yaitu 155 Mb per jam.

8. Podcast

Sebagian besar podcast memiliki ukuran yang kecil. Bahkan menurut riset WhistleOut, mayoritas podcast hanya menguras data sekitar 1 MB per menit. Jadi jika pengguna mendengarkan podcast selama 40 menit, kuota data yang dihabiskan adalah 40 MB.

Namun hasil tersebut bergantung pada kualitas audio podcast yang didengarkan.

9. Gaming

Game online menurut WhistleOut tidak mengonsumsi cukup banyak kuota data. Berdasarkan pengujian, game Hero Hearthstone dan Fire Emblem menguras sekitar 400 KB dalam 10 menit.

Adapun game yang seperti Pokemon Go dan Fortnite menguras lebih dari 90 MB dalam sehari. Menurut WhistleOut, semakin banyak elemen yang digunakan dalam game, maka semakin tinggi pula konsumsi datanya.

Cara cek konsumsi data di iPhone dan Android

Konsumsi data pengguna setiap bulannya bergantung pada aktivitas masing-masing, mengingat aplikasi favorit setiap pengguna pun berbeda-beda.

Jika Anda ingin memeriksa berapa data yang Anda habiskan dalam sebulan, Anda dapat mengikuti tahapan berikut. Dengan mengetahui besaran konsumsi data setiap bulannya, Anda dapat menentukan besaran data untuk pembelian selanjutnya.

Cara cek konsumsi data di iPhone

Untuk mengecek konsumsi data di iPhone, buka menu Pengaturan/Setting > Cellular.

Dari situ, Anda akan melihat daftar aplikasi. Jika Anda menemukan aplikasi yang terlalu banyak mengonsumsi data, Anda dapat menekan opsi nonaktif, sehingga aplikasi itu hanya akan terhubung ke internet ketika Anda menggunakan WiFi.

Cara cek konsumsi data di Android

Untuk mengecek konsumsi data di smartphone Android, buka menu Settings > Network and Internet > Data Usage > Cellular.

Dari situ, Anda perlu menggulir tampilan ke bawah untuk melihat konsumsi setiap aplikasi yang Anda gunakan.

Android juga memungkinkan Anda untuk mengatur batasan kuota dan fitur pengingat jika sebuah aplikasi megonsumsi terlalu banyak data. Caranya dengan mengaktifkan opsi Data Warning and Limit pada menu Settings > Network and Internet > Data Usage. source

0 Komentar