Jangan Cuma Andalkan Spion Saat Kendaraan Mau Belok

ACEHSERAMBI.COM - Saat akan bermanuver atau pindah jalur di jalan raya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengemudi agar tidak bersenggolan dengan kendaraan lain.

Baca Juga: Tantang Avanza dan Xenia, Hyundai Bocorkan Desain Interior Stargazer

Selain spion, kebiasaan yang harus dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, yaitu shoulder check.

Beredar di media sosial rekaman seorang pengendara ojek online yang melakukan shoulder check ketika akan bermanuver. Dengan shoulder check, pengendara tersebut bisa memastikan keadaan sekitarnya sudah aman untuk dilintasi.

Baca Juga: Honda SUV RS Concept Versi Produksi Usung Mesin City Hatchback RS?

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan bahwa kaca spion tidak memberikan informasi seluas pandangan mata atau direct view. Sehingga, pengemudi perlu melakukan shoulder check sebelum bermanuver.

Jusri menjelaskan, dengan menoleh ke arah yang akan dilintasi maka pengemudi dapat melihat area blind spot, khususnya untuk pengemudi kendaraan roda empat.

"Karena kenapa (harus melakukan shoulder check), karena bidang pandang menggunakan kaca spion yang dihasilkan dengan kaca spion, dengan bidang pandang direct vision, jauh lebih luas direct vision," ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Saat akan bermanuver, Jusri memaparkan aturan keselamatannya yang pertama adalah dengan mengecek kaca spion terlebih dahulu.

Ketika kondisi sekitar sudah aman, pengemudi bisa mengaktifkan lampu sen untuk mengisyaratkan kepada pengguna jalan yang lain bahwa ia akan melintas atau berpindah lajur.

Jusri menekankan, fungsi spion adalah sebagai alat bantu dan bukan satu-satunya cara yang bisa diandalkan saat pengemudi ingin melakukan manuver di jalan.

"Overall, kaca spion harus dipahami, harus disepakati sebagai alat bantu memonitor area blind spot kita. Bukan alat utama untuk melihat," ucap Jusri. source

0 Komentar

close