Justin Bieber Alami Ramsay Hunt Syndrome yang Dikaitkan dengan Vaksin Covid-19, Begini Penjelasan Profesor Zubairi

Belakangan netizen dihebohkan dengan penyakit yang dialami Justin Bieber sehingga ia harus membatalkan konsernya.

Justin Bieber/net.

Melalui akun Instagram pada Sabtu (11/6), Justin mengabarkan kepada penggemarnya bahwa dirinya mengalami penyakit Ramsay Hunt Syndrome.

Beredar kabar penyakit Ramsay Hunt Syndrome itu dikaitkan dengan vaksin Covid-19, namun hal itu dibantah oleh pernyataan Profesor Zubairi melalui akun Twitternya yang diunggah pada Sabtu (11/6).

"Belum ada bukti. Yang jelas, sindrom ini sudah ada obatnya di Indonesia dan tersedia juga di apotek-apotek," katanya.

Pria bernama lengkap Zubairi Djoerban itu menjelaskan panjang lebar mengenai apa itu penyakit Ramsay Hunt Syndrome. Berikut penjelasan Profesor Zubairi Djoerban yang dilansir dari akun Twitternya @ProfesorZubairi.

Apa itu Ramsay Hunt Syndrome?

Suatu kondisi yang disebabkan reaktivasi virus. Sindrom ini bertanggung jawab atas 12% kasus kelumpuhan wajah, dengan prognosis yang lebih buruk ketimbang Bell's palsy (kelumpuhan salah satu sisi otot wajah sehingga wajah tampak melorot).

Virus penyebab Ramsay Hunt Syndrome?

Varicella-zoster virus (VZV). Ini adalah virus yang sama yang menyebabkan anak-anak terkena cacar air dan cacar ular (herpes zoster) pada orang dewasa.

Herpes Zoster banyak ditemukan di Indonesia?

Lumayan. Misalnya pada pasien-pasien kanker yang dapat kemoterapi. Demikian pula pasien penyakit autoimun yang mendapat dosis pengobatan Methylprednisolone sewaktu dosisnya masih tinggi.

Gejala Ramsay Hunt Syndrome?

Sindrom ini sering salah diagnosis sebagai Bell's Palsy. Sebab, presentasi sindrom ini juga bervariasi. Namun, tanda pertama sindrom ini seringkali berupa ruam kecil, serta kelemahan pada sisi wajah yang terkena dan hilangnya ekspresi wajah.

Gejala lain?

Gendang telinganya sakit, sehingga mengalami gangguan pendengaran di satu sisi. Terkadang kesulitan menutup salah satu mata, dan kelumpuhan pada satu sisi muka, serta vertigo.

Bagaimana orang memastikan bahwa dia mengalami Ramsay Hunt Syndrome?

Di antaranya bisa dengan tes darah dan kulit untuk virus varicella-zoster, Elektromiografi (EMG), atau Magnetic resonance imaging (MRI).

Ramsay Hunt Syndrome biasanya menyerang siapa?

Orang dewasa. Amat jarang menyerang anak-anak.

Apa saja pilihan pengobatannya?

Pada 1982 ketika saya masih di Prancis obatnya adalah Acyclovir. Namun, dengan perkembangan zaman, ada obat yang lebih canggih: Valacyclovir.

Variasi obat lain?

Jadi ada tiga pilihan: Acyclovir, Famciclovir, dan Valacyclovir. Dari pengalaman saya, Valacyclovir lebih baik ditambah obat steroid (seperti Prednison). Kombinasi itu membuat penyembuhannya lebih cepat.

Bagaimana dengan peluang pemulihan sindrom ini?

Dari studi disebutkan bahwa tingkat pemulihan cukup tinggi, yakni di atas 70%. Tentu harus dengan pendekatan medis yang tepat.

Ada gosip, Ramsay Hunt Syndrome yang dialami Justin Bieber disebabkan vaksin Covid-19?

Belum ada bukti. Yang jelas, sindrom ini sudah ada obatnya di Indonesia dan tersedia juga di apotek-apotek.

0 Komentar

close