Kasus Dugaan Pengeroyokan Iko Uwais Naik ke Penyidikan

ACEHSERAMBI.COM - Kasus dugaan pengeroyokan yang dilakukan oleh aktor Uwais Qorny atau yang biasa dikenal Iko Uwais naik ke tahap penyidikan. Status pemeriksaan itu naik setelah polisi menetapkan adanya unsur pidana dalam kasus itu.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Endra Zulpan mengatakan naiknya tahapan kasus itu ke penyidikan dilakukan usai Polres Metro Bekasi Kota menggelar perkara. Hasil gelar perkara oleh penyidik ini menetapkan adanya unsur pidana dari kasus Iko Uwais. "Hasil gelar perkaranya memutuskan bahwa kasus ini memenuhi unsur pidana untuk dinaikan ketahap penyidikan," kata dia dikutip dari keterangannya, Jumat, 24 Juni 2022.

Zulpan mengatakan meski sudah masuk ke tahap penyidikkan, namun polisi belum mengumumkan siapa tersangkanya. Menurut Zulpan, tim penyidik baru mengumumkan kasus itu telah memenuhi unsur pidana sesuai Pasal 170 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). "Belum, baru hasil gelar perkara menaikkan kasusnya dari penyelidikkan ke penyidikan karena memenuhi pidana. Tapi, kalau dalam penyidikan, kan, berarti ada tersangkanya," ucap Zulpan.

Sebelumnya, Polres Metro Bekasi Kota telah memeriksa sebanyak enam saksi dalam kasus dugaan pengeroyokan yang dilakukan oleh aktor Iko Uwais dan adiknya, Firmansyah, kepada seorang desainer interior, Rudi.

"Kalau memang berkembang, kita akan panggil saksi lainnya," kata Komisaris Ivan Adhitira kepada wartawan, Selasa, 21 Juni 2022.

Saksi keenam adalah Audy Item, yang merupakan istri dari Iko Uwais. Semua keterangan saksi yang dituangkan dalam berita acara pemeriksaan akan dianalisis sebelum penyidik melakukan gelar perkara. Adapun gelar perkara untuk menentukan apakah kasusnya bisa naik ke penyidikan atau tidak. "Untuk Mba Audy sendiri, kita beri 14 pertanyaan," ucap Ivan.

Sementara itu, Audy menampik bahwa terjadi pengeroyokan atau pemukulan seperti yang dilaporkan. Ia menyebut, aksi suaminya murni dilakukan untuk membela diri. Meski demikian, pihaknya tetap membuka peluang kasus itu diselesaikan secara baik-baik.

"Pokoknya kita upayakan yang terbaik, kita juga kooperatif di sini, untuk semuanya agar cepat selesai permasalahannya," kata Audy Item.

Iko Uwais juga sebelumnya telah menawarkan jalan damai untuk penyelesaian kasus ini. Iko berharap proses perjalanan kasusnya dapat berjalan dengan lancar bahkan kalau bisa berjabat tangan. source

0 Komentar

close