Ledakan Bom di Masjid Afghanistan saat Salat Jumat, 1 Jemaah Tewas

ACEHSERAMBI.COM - Ledakan bom di sebuah masjid menewaskan satu jemaah dan mencederai tujuh lainnya di Afghanistan pada Jumat (17/6/2022).

Serangan itu menerjang Masjid Alif Birdi di Distrik Imam Shahib, Provinsi Kunduz. Daerah itu turut menyaksikan puluhan korban jiwa dalam ledakan bom serupa pada April lalu.

Juru Bicara Polisi Provinsi Kunduz, Qari Obaidullah Abedi, mengatakan, ledakan teranyar terjadi saat salat Jumat sedang berlangsung.

Sejauh ini, tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

"Bahan peledak ditempatkan di dalam masjid. Ledakan itu terjadi ketika jemaah sedang melaksanakan salat Jumat," jelasnya, dikutip dari AFP, Jumat (17/6/2022).

Sejak Taliban mengambil alih pemerintahan, Afghanistan menyaksikan jumlah pengeboman menurun. Namun, ISIS terus melancarkan serangan terhadap komunitas minoritas.

Serangkaian pengeboman melanda negara itu selama bulan suci Ramadhan. Sebagian insiden itu telah diklaim oleh ISIS.

Serangan tersebut kemudian memuncak pada 22 April. Ledakan di sebuah masjid di Distrik Imam Shahib menewaskan setidaknya 36 jemaah dan melukai puluhan lainnya.

Ledakan tersebut menyasar anggota komunitas minoritas Sufi yang sedang beribadah.

Cabang regional ISIS di Afghanistan yang berpenduduk mayoritas Sunni telah berulang kali menyerang kaum Syiah dan minoritas seperti Sufi. ISIS menganggap kedua kelompok itu sesat.

Taliban kerap bersikeras bahwa pasukan mereka telah mengalahkan ISIS. Namun, para analis mengatakan, kelompok jihadis itu masih menjadi tantangan keamanan utama bagi mereka. source

0 Komentar

close