Ma’ruf Amin Minta MUI Segera Buat Fatwa soal Ganja Medis

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar segera membuat fatwa mengenai pemanfaatan ganja untuk kesehatan.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Rapat Pimpinan MUI, di Kantor MUI, Jakarta, Selasa (28/06/2022).

Ma’ruf Amin menerangkan bahwa fatwa MUI selama ini melarang penggunaan ganja. Namun menurutnya, MUI perlu membuat pengecualian bagi kesehatan melalui fatwa baru yang mengatur kriteria kebolehan penggunaan ganja untuk kesehatan.

“Saya minta MUI nanti segera membuat fatwanya untuk dipedomani, jangan sampai berlebihan dan menimbulkan kemudaratan,” ungkapnya mengutip laman Wapresri.

Isu penggunaan ganja medis mencuat setelah viral sebuah foto dan ibu, yang memperlihatkan seorang ibu membawa papan bertuliskan, “tolong anakku butuh ganja medis” di CFD Jakarta, pada Minggu (26/6/2022) lalu.

Ibu tersebut belakangan bernama Santi, yang berada di CFD bersama anaknya, Pika, seorang penderita cerebral palsy, yakni penyakit yang menyebabkan gangguan pada otak serta saraf.

Sementara terapi minyak biji ganja/CBD oil merupakan treatment yang paling efektifnya untuk para penderita cerebral palsy, dan telah diadopsi di sejumlah negara, terdekat dan terbaru adalah Thailand. source

0 Komentar

close