Misteri Victoria Lake, Salah Satu Danau Paling Mematikan di Dunia, Banyak Nelan Korban!


ACEHSERAMBI.COM - Danau menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat masa libur. Tak jarang orang menjadikan danau sebagai tempat hiburan yang menyenangkan lantaran bisa bersantai dipinggir danau hingga berenang.

Namun, terdapat beberapa danau di dunia yang sangat berbahaya jika para pelancong berkunjung ke tempat tersebut dan bemandi-mandi di danau tersebut.

Sebut saja danau Victoria, salah satu danau air tawar terbesar kedua di Afrika Utara yang menyimpan rahasia suram. Dikutip dari Mystery of Africa, kondisi cuaca yang tak menentu hingga campuran komunikasi yang buruk pernah mengakibatkan setidaknya 5.000 kematian orang per tahun.

Selain itu, danau ini di dalamnya juga menyimpan hewan-hewan yang  berbahaya dan mematikan. Banyak yang menduga hewan-hewan tersebut sebagai predator yang tak pernah disangka-sangka manusia sebelumnya.

Siput kecil ini adalah inang bagi parasit penyebab schistosomiasis, atau juga dikenal sebagai bilharzia atau demam keong. Hal ini menyebabkan Danau Victoria menjadi salah satu hotspot schistosomiasis paling terkenal di dunia.

Ketika dilakukan pemeriksaan pada anak-anak sekolah di Mwanza, Tanzania, yang tinggal di tepi danau tersebut, hampir 25 persen atau lebih dari mereka ternyata telah terinfeksi parasit ini dalam satu sampel tinja.

Hal inilah yang menjadikan danau Victoria sebagai danau 'pembunuh' manusia lantaran menyimpan hewan dengan virus yang mematikan. Virus siput ini mampu melumpuhkan korbannya dengan masuk ke dalam tubuh, kehilangan ekor dalam prosesnya dan menyelam ke dalam aliran darah.

Di masa lalu, pria-pria yang terinfeksi parasit ini biasanya mengalami menstruasi karena mereka melihat darah dalam urine mereka. Pada tahun 1798, ketika pasukan Napoleon mendarat di Mesir, mereka menyebut Mesir sebagai "tanah para pria yang sedang menstruasi".

Hanya ada satu pengobatan yang disetujui untuk digunakan dalam mengobati penyakit ini dan itu adalah praziquantel. Ini adalah obat satu dosis yang dapat diberikan kepada sekelompok besar orang, tetapi masalahnya adalah obat ini hanya efektif pada cacing dewasa dan tidak untuk tahap cacing lainnya. source

0 Komentar