Mobil Listrik Nissan LEAF Jadi Kendaraan Dinas Kedubes Jepang di Indonesia

ACEHSERAMBI.COM - Mobil listrik Nissan LEAF resmi digunakkan sebagai mobil operasional Kedutaan Besar Negara Jepang untuk Indonesia.

Kepastian itu terungkap setelah Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, mengunggah 2 foto pada akun Instagram @JPNAMBSINDONESIA. Pada unggahan itu, terlihat dirinya berfoto bersama Nissan LEAF berwarna merah.

Tak hanya sekadar berfoto, Kanasugi Kenji turut naik dan merasakan jok pengemudi dari Nissan LEAF.

"Di Indonesia pun transisi menuju mobil listrik sedang berjalan. Kedubes Jepang di Indonesia menjadi yang pertama di antara seluruh Kedutaan Besar Jepang di dunia yang menggunakan EV sebagai mobil dinas," demikian caption pada unggahan tersebut.

Penggunaan mobil listrik Nissan LEAF sebagai mobil operasional Kedutaan Besar Jepang itu pun dibenarkan oleh Head of Marketing Communication PT Nissan Motors Distribution Indonesia (NMDI), Julian Olmon.

"Benar telah dilakukan serah terima 1 unit Nissan LEAF yang dilakukan oleh diler kami ke Kedubes Jepang," kata Julian kepada kumparanOTO, Kamis (23/6).

Lebih lanjut, Julian enggan merinci mobil listrik tersebut akan digunakan sebagai mobil operasional Duta Besar atau lainnya. Dirinya hanya memastikan kalau mobil listrik Nissan LEAF itu memiliki spesifikasi yang sama dengan yang dijual umum di Indonesia.

"Semua spesifikasi sama seperti yang dijual di Indonesia," tambah Julian.

Spesifikasi Nissan LEAF

Sebagai sebuah mobil listrik murni, Nissan LEAF hadir dengan dibekali motor listrik dan baterai lithium-ion berkapasitas 40 kWh. Kombinasi itu menawarkan tenaga 110 kW atau setara 148 dk pada putaran mesin 3200 rpm hingga 9.700 rpm dan torsi puncak 320 Nm pada putaran mesin 0 hingga 3.200 rpm.

Tenaga dan torsi itu selanjutnya disalurkan ke 2 roda depan melalui transmisi otomatik single speed gear reduction. Dengan spesifikasi yang dimilikinya, Nissan LEAF diklaim mampu melesat dari diam hingga 100 km/jam dalam waktu 7,9 detik dengan kecepatan maksimum 155 km/jam.

Guna memberikan sensasi berkendara mobil listrik yang lebih maksimal, Nissan LEAF juga dibekali dengan 4 pilihan modus berkendara. Mulai dari D-Mode, B-Mode, ECO-Mode, dan B+ECO-Mode. source

0 Komentar

close