Viral Sapi Diangkat Pakai Crane di Pelabuhan Samarinda, KSOP Sebut akibat Dekat Lebaran Kurban

ACEHSERAMBI.COM - Viral video sejumlah sapi diangkut menggunakan crane dari atas kapal ke bak belakang truk. Pihak KSOP Kelas II Samarinda pun membenarkan kejadian itu serta langsung merespon kejadian tersebut.

“Iya benar video itu di Pelabuhan Samarinda,” jelas Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli KSOP Kelas II Samarinda Slamet Isyadi, Kamis (16/6/2022).

Usai video tersebut viral, KSOP langsung memanggil pihak yang bertanggung jawab terkait proses pengangkutan sapi tersebut.

“Dengan adanya kemarin viral terkait dengan pembongkaran sapi yang digantung maka kita sudah melakukan pemanggilan. Baik itu dengan pihak agen pelayarannya maupun Pekerja Barang Muat (PBM). Dan hari ini kita langsung cek di lapangan untuk kegaiatan pembongkaran kapal bersama Dinas Pertengkaran dan Kesehatan Hewan, maupun PT Pelindo. Dan ini sudah dilaksanakan pembongkaran dengan menggunakan lorong,” ungkapnya.

Dalam kasus tersebut, dia mengakui, akibat tingginya minat masyarakat membeli daging sapi menjelang Hari Raya IdulAdha. Lantaran ingin cepat, terjadilah pembongkaran kapal yang menyalahi aturan.

“Jadi pelabuhan Samarinda adalah lokasi kapal untuk mengangkut hewan yaitu kamar 3 dan kamar 4. Itu dari Kupang-Samarinda, Samarinda-Kupang. Nah, menjelang lebaran Idul Kurban ini maka meningkatlah kebutuhan permintaan hewan kurban hingga banyak masyarakat Samarinda yang mengajukan permintaan itu,” bebernya.

Pihak KSOP Samarinda pun berjanji akan melakukan pengawasan terhadap setiap kapal pengakut hewan di pelabuhan Samarinda.

“Iya nanti kami pantau terus untuk kegiatan ini. Artinya bahwa pembongkaran ini sesuai dengan aturan yang semestinya berjalan,” pungkasnya. source 

0 Komentar

close