Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Banda Aceh, Satu Orang Harus Dirujuk ke RSUZA

Sebanyak 391 jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 01-BTJ telah tiba di Banda Aceh, Selasa malam (26/7/2022). Satu jemaah haji harus dirujuk ke RSUZA karena sakit.

Jemaah kloter 1 yang berasal dari Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Utara, Pidie Jaya dan Sabang ini berangkat dari bandar udara internasional King Abdul Aziz (JED) jam 07.35 Waktu Arab Saudi dan tiba di bandara internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) pada jam 19.25 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Koordinator Humas dan Penerangan PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Aceh, Tajri bin Yakub, mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) kloter 01-BTJ, Muhammad Qusay, jemaah kloter 1 sudah check out dari hotel di Mekah sejak Senin (25/7) jam 23.00 untuk diberangkatkan ke Jeddah.

Lebih lanjut, Tajri juga melaporkan ada 3 jemaah yang menggunakan kursi roda dan 7 jemaah lainnya dalam pantauan khusus TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia) kloter 1.

Setelah tiba di Asrama Haji Aceh dari bandara, para jemaah akan mengikuti pemeriksaan kesehatan berupa swab antigen, mengikuti upacara pelepasan, pengembalian paspor, pengambilan koper dan air zamzam, lalu kembali ke keluarga masing-masing.

"Begitu turun dari bus di asrama, jemaah langsung masuk ke ruang pemeriksaan antigen menurut urutan  bis dan nomor seat," kata Tajri.

"Setelah antigen baru jemaah memasuki aula Jeddah untuk mengikuti upacara pelepasan ke daerah masing-masing, pengembalian paspor dan pengambilan koper," tambah dia.

Sementara air zamzam akan diserahkan oleh petugas di asrama kepada petugas haji daerah menurut data jemaah per daerah.

Tajri juga mengatakan bahwa kloter 1 yang berangkat ke Arab Saudi sejumlah 393 jemaah.

"Namun ada 2 jemaah asal Pidie Jaya yang meninggal di Arab Saudi, bernama Muslim bin Abdul Wahab Salam (51) yang meninggal dunia di dalam pesawat saat 15 menjt sebelum landing di Madinah pada Rabu, 15 Juni 2022 lalu, dan satu lainnya Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55) meninggal dunia di Rumah Sakit Al Noor Mekkah pada Minggu, 10 Juli 2022 lalu," kata Tajri.

Kata Tajri, ada 149 jemaah laki-laki dan 242 jemaah perempuan yang kembali ke Aceh. Rinciannya, 187 orang dari Kota Banda Aceh, 70 dari Kabupaten Aceh Besar, 57 orang dari Aceh Utara, 52 orang dari Pidie Jaya dan 19 orang dari Kota Sabang, ditambah empat petugas kloter dan dua TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).

Sementara Kepala Bidang Kesehatan PPIH Debarkasi Aceh, Yusri SKM MKes mengatakan ada satu jemaah kloter 1 dirujuk ke Rumah Sakit Umum dr Zainal Abidin (RSUZA), yaitu Cut Kasmawati Teuku Raja karena mengalami gejala pneumonia (radang paru-paru).

"Kita rujuk ke RSUZA untuk mendapat rawatan lanjutan," kata Yusri. source

0 Komentar

close