Kabar Gembira Jokowi Usai Bertemu Putin, Rusia Jamin Pasokan Pangan dari Ukraina

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6/2022), setelah sebelumnya menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (29/6/2022).

Dilansir dari Kompas.com, seperti dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Istana Kremlin sekitar pukul 15.30 waktu setempat.

Dia langsung melakukan pertemuan dengan Putin di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin.

Usai pertemuan, kedua pemimpin menggelar keterangan pers bersama di ruang Ekaterina Istana Kremlin.

Dalam pertemuan, Jokowi menyampaikan telah berdiskusi dengan Putin membahas masalah terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk.

Hal ini, menurut Jokowi, bisa berdampak kepada ratusan juta masyarakat dunia, terutama di negara berkembang.

“Saya mendukung upaya PBB reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan komoditi pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia," ujar Jokowi.

"Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia, ini sebuah berita yang baik” ujar Jokowi.

Di akhir pernyataannya, Jokowi kembali menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun kecuali ingin melihat perang segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk dan energi dapat segera diperbaiki.

“Saya ajak seluruh pemimpin dunia untuk bersama kembali menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai dan semangat kerja sama," ujar Jokowi.

"Karena hanya dengan spirit ini perdamaian dapat dicapai,” tambahnya.

Sebelumnya, Jokowi juga mengatakan, dirinya siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan Presiden Putin.

Sebelum bertemu Putin, Jokowi menggelar pertemuan empat mata dengan Zelensky di Kyiv, Rabu (29/6/2022).

Adapun pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin sudah disampaikannya secara langsung

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan, walaupun situasi saat ini masih sangat sulit bagi kedua negara, tetapi penyelesaian damai penting dilakukan. 

Selain itu, Jokowi menekankan agar dikedepankan ruang dialog antarkedua negara.

Lebih lanjut Jokowi mengungkapkan, dirinya dan Putin berdiskusi panjang mengenai kerja sama antara Rusia dan Indonesia baik di bidang investasi, perdagangan maupun turisme. Hal ini akan ditindaklanjuti dengan membentuk tim agar bisa membahasnya secara detail. source

0 Komentar

close