Putin Nyatakan Siap Bangun Energi Nuklir di Indonesia Usai Pertemuan dengan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan resmi ke Moskow, Rusia bertemu dengan Vladimir Putin di Kremlin pada Kamis (30/6/2022).

Dalam pertemuan antara kedua pemimpin, Putin menyampaikan ketertarikan Rusia bekerja sama dengan Indonesia untuk mengembangkan potensi nuklir nasional. Kerja sama pengembangan nuklir ini, menurut Putin, juga dapat dilakukan di bidang non-energi, seperti bidang medis.

“Banyak perusahaan kami (Rusia), termasuk perusahaan energi, beroperasi di Indonesia. Ada ketertarikan untuk mengembangkan energi nuklir nasional,” kata Putin sebagaimana dari laman resmi Kremlin.

Putin mengatakan bahwa perusahaan energi nuklir Rusia, Rosatom memiliki kompetensi dan pengalaman yang sangat mendukung, serta siap bekerja sama dalam bidang pengembangan nuklir dengan Indonesia.

“Rosatom... siap untuk berpartisipasi dalam proyek bersama termasuk yang terkait untuk penggunaan non-energi teknologi nuklir, misalnya, dalam kedokteran dan pertanian,” jelas Putin.

Selain hubungan kerja sama bilateral di bidang investasi, ekonomi, dan perdagangan, kedua pemimpin juga membahas isu-isu di bidang kerja sama kemanusiaan, dialog antar-agama, hingga pariwisata.

Presiden Rusia itu juga setuju dengan misi Jokowi untuk memulihkan rantai pasokan pangan yang saat ini terhambat. Menurut Putin, sanksi yang dijatuhkan terhadap Moskow menyusul pecahnya konflik di Ukraina menjadi salah satu penyebab permasalahan ini.

“Kami tentu bermaksud untuk terus memenuhi kewajiban kontraktual kami dengan itikad baik untuk pasokan makanan, pupuk, serta pembawa energi dan barang-barang penting lainnya. Di dalam hal, kami menganggap sangat penting untuk memulihkan rantai pasokan yang dilanggar oleh sanksi,” kata Putin. source

0 Komentar

close