Satu Gudang di Aceh Besar Terbakar, 3 Petugas Damkar Dilarikan ke RSUDZA

Satu unit gudang Logistik milik PT Sukses Jaya Makmur Abadi yang berada di Desa Pantee, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar hangus terbakar. Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (4/8) sekira pukul 20.40 WIB. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulanan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil mengatakan pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat warga melalui group Whatsapp Relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), kemudian petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) langsung bergerak ke lokasi kejadian. 

"Pada saat terjadi kebakaran tersebut, ada karyawan penjaga Gudang yang melihat semburan api dari dalam kemudian, mereka langsung meminta bantuan penanganan," ungkap Ridwan Jamil.

Terkait penyebab terjadinya kebakaran menurut Ridwan sedang didalami oleh pihak yang berwajib. Menurutnya, kejadian tersebut sempat menjadi perhatian warga yang yang sedang melintas di jalan Banda Aceh- Medan.

"Untuk upaya pemadaman, BPBD Aceh besar mengerahkan Sembilan unit armada Damkar ke lokasi kejadian dan 30 personil pemadam kebakaran," ujar Ridwan Jamil.

Proses pemadaman sendiri menurut Ridwan tergolong sulit dan berlangsung lama. Hal itu dikarenakan banyaknya material plastik yang terbakar dan kondisi gudang yang tertutup sehingga petugas sangat kesulitan untuk menjangkau titik api. 

"Hingga pukul pukul 01.30 WIB. Petugas masih berada dilokasi kejadian dalam proses pemadaman dan pendinginan," ujarnya.

Selain itu, kepulan asap yang tebal juga menyebabkan tiga personil Damkar dari BPBD Aceh besar mengalami gangguan pernafasan (sesak) sehingga harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Tiga personil pemadam yakni Mufizal (25), Edi sukma (38) dan Farhan (27) dan sedang dalam perawatan medis di Rumah Sakit Umum Dokter Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh," pungkasnya. source

0 Komentar

close