Viral Wanita Muda Sering Cuci Darah karena Gagal Ginjal, Ini Tanda Awalnya

Viral di media sosial TikTok seorang wanita, DN, yang mengidap gagal ginjal kronis. Kondisi itu membuatnya harus rutin menjalani cuci darah.

Awalnya, wanita berusia 26 tahun asal Bandung itu tidak mengalami gejala. Namun, semakin lama gejalanya terus berkembang hingga membuat wajahnya agak membengkak.

"Kata dokter GGK (gagal ginjal kronis), ini memang hanya akan muncul saat sudah parah. Nah, penyakit pendampingnya itu hipertensi," ungkap DN pada detikcom, Selasa (2/8/2022).

"Gejala awal yang aku rasain itu mual, muntah, kesemutan di seluruh badan, urine berbusa, dan daerah wajah agak membengkak," sambungnya.

Kondisi gagal ginjal kronis ini terjadi akibat hilangnya fungsi ginjal secara bertahap. Pada tahap awal mungkin tidak memiliki tanda atau gejala. Akibatnya, pasien tidak menyadari telah mengidap penyakit ginjal hingga kondisinya semakin parah.

Gejala Gagal Ginjal Kronis

Tanda atau gejala penyakit gagal ginjal kronis dapat berkembang dari waktu ke waktu, jika kerusakan ginjal berlangsung lambat. Hilangnya fungsi ginjal bisa menyebabkan penumpukan cairan atau limbah tubuh, bahkan masalah elektrolit.

Tanda dan gejala ini juga bisa muncul tergantung seberapa parah kondisi penyakit. Dikutip dari Mayo Clinic, gejala yang bisa muncul yakni:

Mual

Muntah

Kehilangan selera makan

Kelelahan dan kelemahan

Masalah tidur

Buang air kecil lebih atau kurang

Ketajaman mental menurun

Kram otot

Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki

Kulit kering dan gatal

Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang sulit dikendalikan

Sesak napas, jika cairan menumpuk di paru-paru

Nyeri dada, jika cairan menumpuk di sekitar lapisan jantung

Seringkali tanda dan gejala penyakit ginjal tidak spesifik. Ini berarti keluhan yang dirasakan bisa disebabkan oleh penyakit lain.

Sebab, ginjal manusia tidak mampu menembus fungsi yang hilang. Bahkan seseorang yang mengidap penyakit ini bisa saja tidak mengalami gejala apapun, sampai terjadi kerusakan permanen pada ginjalnya. source

0 Komentar

close