Banjir di Aceh Selatan Rendam 24 Rumah

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mendata sebanyak 24 rumah di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, terendam setinggi 30-100 sentimeter. Kondisi banjir tersebut diakibatkan curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sejak kemarin.

"Kondisi terakhir debit air sudah mulai surut," kata Ketua Pelaksana BPBA, Ilyas, dalam siaran pers, Kamis, 22 September 2022.

Dia menjelaskan tidak ada korban jiwa akibat banjir yang terjadi pada pukul 17.30 WIB, Rabu, 21 September 2022 tersebut. Namun  menurut Ilyas sebanyak 56 jiwa dalam 20 kepala keluarga di Gampong Gunung Rotan Kecamatan Labuhanhaji Timur terdampak bencana tersebut.

Banjir itu merendam empat gampong atau desa, yakni Gampong Gunung Rotan Kecamatan Labuhanhaji Timur, Gampong Kuta Buloh Satu Kecamatan Meukek, Gampong Jambo Papeun Kecamatan Kluet Tengah, dan Gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur.

Dari sebanyak 24 rumah yang terdampak banjir, 18 rumah berada di Gampong Gunung Rotan dan enam rumah di Gampong Kuta Buloh Satu. Selain itu satu gedung SMP Jambo Papeun terendam banjir.

Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan masih mendata pengungsi untuk menyalurkan bantuan sosial.

Sebelumnya banjir setinggi 75-100 sentimeter melanda Gampong Batai Tunggai dan Sawang Bunga di Kecamatan Samadua di Kabupaten Aceh Selatan hari ini.

"Sedangkan tanah longsor terjadi di Gampong Hilir di Kecamatan Tapaktuan dan Gampong Lubuk Layu di Kecamatan Samadua," jelas Ilyas. source

0 Komentar

close