BNN Musnahkan 2 Hektar Ladang Ganja di Aceh Besar

Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) melakukan pemusnahan ladang ganja seluas dua hektare yang di kawasan pegunungan Desa Pulo, Lamteuba, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar.

"Pemusnahan ladang ganja dilakukan BNN bekerjasama dengan Polda Aceh, Brimob, Kodim, Satpol PP, Bea Cukai, Kejaksaan Tinggi, Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, serta BNN Provinsi Aceh," kata Brigjen Pol. Roy Hardi Siahaan, Direktur Narkotika Deputi Bidang pemberantasan BNN RI kepada wartawan, Senin (19/09/2022).

Menurut Roy Hardi, tanaman ganja yang ditemukan BNN di atas gunung pada ketinggian 839 MDPL itu ditaksir berjumlah 20 ribu batang atau beratnya sekitar 10 ton.

"BNN dan tim gabungan  melakukan pemusnahan sekitar 20 ribu batang, atau berat basah sekitar 10 ton," katanya.

Roy Hardi menyebutkan pemusnahan ladang ganja langsung dari sumbernya itu dilakukan BNN sebagai bentuk upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika jenis ganja di Indonesia.

"Dengan adanya pemusnahan ladang ganja ini, masyarakat semakin peduli terhadap aturan perundang-undangan yang melarang dengan tegas kepemilikan, penanaman serta peredaran gelap tanaman ganja di Indonesia, sesuai dengan Pasal 111 Ayat (2) Undang-undang No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika, ucapnya.

Pemusnahan ladang ganja dilakukan petugas gabungan dengan dicabut kemudian langsung dibakar di tempat.

Untuk mencapai ke lokasi, tim gabungan BNN harus berjalan kaki menempuh jarak sekitar enam kilometer dari pemukiman warga. Medan yang dilintasi pun sangat sulit karena harus melewati tanjakan tinggi dan jurang ekstrim. source

0 Komentar

close