Viral 152 Jenazah Masih Utuh Saat Dipindahkan, Warga Cium Wangi

Ratusan jenazah yang sudah dikuburkan belasan hingga puluhan tahun masih utuh saat dipindahkan dari liang lahad di Cilegon, Banten. Video kejadian itu menjadi viral di media sosial.

Ketua Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial Kelurahan Cilodan, Mahrij, mengatakan awalnya pemindahan makam dilakukan usai ada persetujuan dari masyarakat dengan pihak perusahaan.Jenazah dari makam-makam di lahan itu dipindah ke Anyer.

"Memang kebetulan ini lokasinya di Lingkungan Cilodan, kita bergerak untuk pemindahan (makam) ini sudah disetujui masyarakat, artinya kita sudah ruilslag dari perusahaan PT Panca Puri, anak perusahaan PT Chandra Asri, dan kita ruilslag untuk dipindahkan ke Grogol, Anyer," kata Mahrij seperti dikutip dari detikNews, Senin (19/9/2022).

Ia mengatakan pemindahan jenazah dilakukan secara bertahap. Menurutnya, ada 319 jenazah yang dipindah dari pemakaman di Cilodan ke Grogol, Anyer. Menurutnya, ada 152 jenazah yang masih dalam kondisi utuh ketika ditemukan.

"Jadi menang waktu itu kita jumlahnya kalau nggak salah itu 319 jenazah dan kebetulan yang kita temukan itu 152 jenazah yang masih utuh dan sungguh memang itu keajaiban dan larinya itu ke keyakinan kita masing-masing," katanya.

Sejumlah warga juga, kata Mahrij, mencium bau aroma wangi saat memindahkan jenazah. Dia mengaku tak tahu penyebabnya dan menyerahkan hal itu kepada keyakinan masing-masing warga.

"Ada yang sempat wangi juga dan ada beberapa yang masih utuh, jadi jasadnya belum hancur. Itu menang wanginya kita juga artinya asumsinya seperti apa apakah karena memang karena minyak atau apa tapi menang itu adanya, jadi kembali lagi ke keyakinan kita. Jadi apakah memang beliau ini orang berkelakuan baik atau seperti apapun adanya ya wallahualam bishawab-lah," katanya.

Dia menyebut jenazah yang masih utuh itu sudah terkubur puluhan tahun. Mahrij mengatakan jenazah bapaknya juga ditemukan utuh padahal sudah 18 tahun dikubur.

"Ya puluhan tahun, bahkan bapak saya pun itu sekitar 18 tahun alhamdulillah masih utuh. Alhamdulillah sudah selesai, sudah semuanya dan tidak ada kendala," ujarnya. source

0 Komentar

close