Viral Video Bupati Ribut hingga Bilang Warga Monyet

Viral video yang memperlihatkan Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) H Edimin ribut hingga menyebut warga yang melakukan demo dengan sebutan monyet.

Dilihat SuaraSumut.id dari video yang beredar pada Sabtu (3/9/2022), terlihat Bupati Labusel menemui sejumlah warga yang berada di halaman rumah dinas.

Dalam video terdengar suara menghardik dengan nada tinggi. Bahkan terdengar bupati mengeluarkan perkataan monyet ke warga.

"Keluar klen (kalian). Usir, kau, kau keluar kau, monyet kau," katanya.

Lantas bagaimana kronologi keributan ini sampai bisa terjadi?

Salah seorang warga bernama Dian Hamonangan Siregar mengatakan, peristiwa bermula saat warga yang tergabung dalam Tenaga Honorer Tersakiti Rezim (THTR) menggelar aksi demo pada Kamis 1 September 2022.

"Aksi mulai dari pukul 10.00 WIB hingga kurang lebih pukul 15.30 WIB. Aksi selesai di kantor bupati," ujar Dian.

Usai menyampaikan aspirasinya mengenai kejelasan nasib tenaga honorer yang diputus sepihak, massa aksi lalu membubarkan diri dengan tertib.

Sebagian peserta aksi ada yang pulang dan ada juga yang bersamanya menuju rumah dinas bupati untuk beristirahat, sekaligus menunaikan ibadah salat Maghrib.

"Karena menjelang Maghrib, lelah ingin beristirahat, salat Maghrib di rumah dinas bapak Bupati Labuhanbatu Selatan," ungkapnya.

Dian menjelaskan, kedatangan mereka untuk beristirahat karena sebelumnya pernah mendengar perkataan H Edimin jika rumah dinasnya adalah rumah rakyat.

"Karena itu kan beliau membuat pernyataan yang lalu-lalu setelah dilantik, (rumah dinas) rumah rakyat. Jadi apa salahnya kami rakyat Labusel ingin singgah di situ berisitirahat," terangnya.

Setibanya di depan rumah dinas, kata Dian, pagar gerbang dalam keadaan tertutup dan dijaga Satpol PP.

"Jadi kami minta tolong sama Satpol PP supaya istirahat di situ. Satpol PP bilang koordinasi ke dalam dulu katanya," ucapnya.

"Setelah lima menit kemudian gerbang dibuka oleh Satpol PP diperintahkan oleh Kasatpol PP, kita masuk, parkir pun diarahkan, kita masuk ke dalam," sambungnya.

Melapor ke Polisi

Warga yang baru melangkah masuk ke dalam dan berjalan menuju musala, tiba-tiba bupati datang.

"Belum sampai ke dalam kurang lebih seratus meter dari gerbang, bupati datang naik sepeda motor marah-marah. Keluar, keluar, siapa kalian, sampai mengeluarkan kata monyet," katanya.

Sekitar 20 orang warga yang melihat itu dibuat tercengang dengan sikap bupati H Edimin.

Atas kejadian ini, Dian menegaskan, akan melaporkan sikap tidak menyenangkan Bupati Labusel H Edimin ke Polres Labuhanbatu.

"Rencana saya hari ini mau melapor ke Polres Labuhan batu," ungkapnya.

Diirnya juga berharap kepada Bupati Labusel agar lebih bijak ketika berhadapan dengan warganya.

"Karena tubuh Labusel ini bermotokan santun berkata bijak berkarya jadi diharapkan bupati selaku ayah dari warga Labusel harusnya lebih santun berkata. Kalau ayah tidak santun berkata gimana anaknya warga Labusel nantinya," katanya.

Hingga berita ini dimuat belum ada penjelasan dari Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) H Edimin maupun dari pihak Pemkab Labusel terkait kejadian itu. source

0 Komentar

close