Disanksi PDIP soal Siap Nyapres, Ganjar Tidak Meralat dan Tetap Nyatakan Siap

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memenuhi undangan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP untuk klarifikasi pernyataannya soal Siap Nyapres.

Setelah diklarifikasi dan mendapat sanksi teguran lisan, Ganjar malah menegaskan pernyataannya saat dikonfirmasi oleh wartawan apakah akan meralat pernyataan siap menjadi capresnya.

"Saya orang diklat. Semua kader mesti siap apapun," kata Ganjar di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (24/10/2022).

Namun demikian, Ganjar menyebut keputusan penentuan Capres 2024 tetap ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ganjar mengatakan, keputusan kongres yang dipimpin Megawati harus diikuti semua kader.

"Tapi keputusan ada di ketua Umum dan itu adalah keputusan kongres yang semua kader harus ikut," beber Ganjar.

Terkait teguran lisan yang didapatkan dari Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komaruddin Watubun soal pernyataan siap nyapres, Ganjar melihat teguran tersebut lantaran taat terhadap disiplin partai.

"Kami mendapatkan peringatan tentu sebagai kader kita terima. Ini juga bagian dari disiplin yang tadi disampaikan Pak Hasto," beber Ganjar.

Sebelumnya Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komaruddin Watubun menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan klarifikasi kepada Ganjar selaku kader PDIP. Hasilnya DPP PDIP memberikan teguran lisan kepada Ganjar.

“Supaya keadilan di partai itu ditegakkan kepada seluruh anggota dari Sabang sampai Merauke, maka kami, saya sampaikan jatuhkan sanksi sanksi teguran lisan kepada Pak Ganjar Pranowo sebagai kader,” kata Komaruddin di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/10/2022).

Adapun, Ganjar sejak lama digadang-gadang menjadi salah satu kandidat capres 2024 terkuat. Namanya kerap menduduki puncak elektabilitas survei capres dengan kisaran elektabilitas 20 persen.

Ganjar menyatakan siap maju sebagai capres 2024. Untuk pertama kalinya, Ganjar mengaku bersedia menjadi penerus Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika partainya berkenan mengusung.

"Kalau untuk bangsa dan negara, apa sih yang kita tidak siap," kata Ganjar dalam wawancara di salah satu stasiun TV swasta, Selasa (18/10/2022).

"Ketika partai kemudian sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya, semua orang mesti siap soal itu," sambungnya. source

0 Komentar

close