Status Irwandi Yusuf Tak Lagi Terpidana

Status Irwandi Yusuf saat ini tidak lagi terpidana melainkan klien pemasyarakatan. Hal tersebut disampaikan Kuasa Hukum DPP Partai Nanggroe Aceh (PNA) Haspan Yusuf Ritonga, Rabu (26/10).

"Bebas bersyarat statusnya (Irwandi Yusuf) bukan lagi terpidana, tetapi binaan pemasyarakatan," kata Haspan Yusuf Ritonga.

Sebelumnya, mantan Gubernur Aceh itu telah dinyatakan bebas bersyarat dari Lapas Sukamiskin Bandung pada Selasa (25/10), setelah menjalani hukuman penjara kurang lebih empat tahun. 

Setelah dinyatakan bebas bersyarat, kata Haspan, Irwandi Yusuf saat ini juga wajib lapor dan harus berperilaku baik. Karena jika tidak kebebasannya dapat dicabut kembali dan harus mendekam lagi di lapas untuk menghabiskan sisa pidananya. 

"Kalau tidak berperilaku baik itu bisa saja dicabut lagi pembebasan bersyaratnya. Kalau syarat dilanggar pasti ada konsekuensi," ujarnya.

Sementara itu, Sekjen DPP PNA Miswar Fuadi menyampaikan bahwa Irwandi Yusuf segera kembali ke Aceh, direncanakan pada Jumat 28 Oktober 2022 melalui bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar. 

"Insya Allah, bapak Irwandi Yusuf pulang ke Aceh pada hari Jum'at pagi, diperkirakan pukul 10.00 WIB sudah tiba di bandara," kata Miswar.

Kepulangan Irwandi, kata Miswar, dijemput langsung oleh kader PNA yang berada di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar.

Seperti diketahui, Irwandi Yusuf ditangkap KPK sekitar Juli 2018, dan dihukum penjara karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi dana otonomi khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018.

Mahkamah Agung pada putusan kasasi menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara dengan denda Rp300 juta serta subsider tiga bulan kurungan terhadap mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu.

0 Komentar

close