Tambang Biji Besi Longsor di Abdya, Seorang Mandor Tewas Tertimbun

Mandor PT. Sinar Mentari Dwiguna (SMD) Jawahir (53) warga Gampong Alue Dawah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meninggal dunia karena tertimbun longsor.

Peristiwa naas itu terjadi saat korban sedang bekerja di gampong Ie Mirah, kecamatan Babahrot, kabupaten setempat, Sabtu malam (29/10/2022) sekitar 21.30 WIB. 

Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha melalui Kapolsek Babahrot Iptu Amril mengatakan, korban selaku mandor menggunakan alat pendeteksi besi sedang bekerja bersama operator Exscavator, Faisal (42) warga gampong Lamteumen Barat, Banda Aceh.

"Kemudian, setelah Faisal memasukkan material biji besi ke dam truk, lalu Faisal sempat melihat korban di samping excavator dengan menggunakan senter, namun tak lama kemudian korban pergi ke lokasi lain yang saat itu Faisal sedang menunggu dam trukk lainnya," jelasnya.  

Tidak lama kemudian, kata Amril, Faisal mendengar suara dentuman longsor, kemudian Faisal sempat memanggil Jawahir, namun panggilan itu tidak disahuti, sehingga dirinya langsung menuju ke lokasi.

"Sesampai di lokasi longsor, Faisal kembali memanggil korban, namun juga tak disahuti oleh korban sehingga dia mencoba mengeruk tanah longsor menggunakan tangannya," katanya.

Lantaran tidak mampu menggali sendiri, Faisal memanggil sopir truk yakni Muna dan Helmi guna membantu melakukan pengerukan longsor yang menimbun jasad korban. 

"Disaat melakukan pengerukan, mereka melihat kepala korban tertimbun longsor dengan kondisi sudah tidak sadarkan diri," jelasnya. 

Setelah berhasil mengeluarkan korban dari longsor, kata dia, lalu korban diangkat dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) Abdya untuk mendapatkan perawatan medis. 

"Usai menjalani perawatan medis, korban dinyatakan sudah tidak bernyawa, sehingga korban sekitar pukul 00.56 WIB, dibawa pulang kerumah duka untuk disemayamkan," pungkasnya. source

0 Komentar

close