Viral di Twitter Ikan Misterius Berwajah Venom Seperti Alien, Begini Wujudnya

Viral di Twitter sebuah gambar yang memperlihatkan ikan misterius berwarna hitam gelap dengan mata biru menyala dan rahang elastis seperti ular yang tampak seperti tokoh Venom di film superhero Marvel.

Ikan itu diketahui ditangkap di Taiwan dan pertama kali muncul pada 2018 lalu, tapi kini kembali viral dan memicu banyak komentar netizen. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa hewan itu mirip dengan Venom.

Diposting oleh pemilik akun Twitter Fascinating, hewan misterius yang ada di gambar tersebut sebenarnya adalah hiu viper dogfish. Mereka memang bisa melebarkan mulut dan rahangnya saat akan menyergap mangsa menggunakan giginya yang runcing.

Viperfish sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1986. Ikan ini  jarang terlihat oleh manusia, tapi para peneliti pernah menangkap lima viperfish pada 2020 di laut dalam. Sementara Lembaga Penelitian Perikanan Taiwan mengklaim pernah mengambil lima dogfish pada 2018 di dekat Kotapraja Donghe selama survei rutin.

Disebut viper dogfish karena giginya yang besar seperti taring. Ikan ini hanya bisa ditemukan di lepas pantai Jepang, Taiwan, dan Hawaii. Ia menangkap mangsa dengan menggunakan rahangnya yang memanjang dan mulutnya yang besar untuk menelan bulat-bulat seluruh tubuh korban hingga tak bersisa. Ikan dogfish biasanya hidup kedalaman lebih dari 500 meter. Ukuran dogfish cuma 51 cm.

Fitur yang paling khas dari ikan venom adalah giginya yang berbentuk jarum seperti taring ular. Makanan hiu viper terdiri dari krustasea dan ikan bertulang, termasuk ikan lentera. Adapun nama ilmiahnya dogfish adalah Trigonognathus kabeyai, menghormati kapten kapal penangkap ikan asal Jepang bernama Hiromichi Kabeya.

Meski ikan viper ditangap pada 2018 lalu, namun sampai saat ini ia masih mencuri perhatian banyak orang di internet. Beberapa mengaku takjub dengan bentuknya yang futuristik dan aneh. Tapi kamu jangan pernah berpikir bisa merawatnya di rumah ya. Karena kemungkinan mereka mati sebelum masuk ke aquarium cukup besar. source

0 Komentar

close