Tampang Agus Sujatno Pelaku Bom Polsek Astana Anyar: Dulu Perakit Bom Panci Cicendo

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung adalah Agus Sujatno. Agus ternyata perakit bom panci di Cicendo, Bandung, pada 2017 silam.

"Identik menyebutkan identitas pelaku adalah Agus Sujatno atau biasa dikenal dengan Agus Muslim. Yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa Bom Cicendo dan sempat dihukum 4 tahun. September atau Oktober 2021 yang lalu yang bersangkutan bebas," terang Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan pers seperti dikutip dari detikNews, Rabu (7/12/2022).

Dari catatan detikcom, pada 2017, sebuah bom panci meledak di kawasan Cicendo, Kota Bandung. Peristiwa ini terjadi pada Senin (27/2/2017) pagi hari.

Kala itu bom yang meledak adalah bom panci. Bom panci ini memiliki kekuatan 5.300 meter per detik dan termasuk golongan high explosive primer. Bom jenis ini sensitif terhadap gesekan dan panas.

Tak lama setelah itu, polisi segera menangkap Agus Sujatno alias Abu Muslim dan tersangka lain bernama Yayat.

Agus Sujatno Jadi Perakit Bom

Saat itu, Agus Sujatno diketahui berprofesi sebagai teknisi listrik. Dia berperan mulai dari pendanaan hingga perakit bom.

"A alias Abu Muslim bekerja sebagai tenaga ahli listrik di apartemen. Mana sumber energi yang bisa ia gunakan, tentu bagi dia tidak begitu sulit," kata Kadiv Humas Polri Irjen kala itu, Boy Rafli Amar, di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (13/3/2017).

Abu Muslim juga berperan dalam pendanaan kepada tersangka Yayat, yang melakukan aksi teror di Lapangan Pendawa, Cicendo, Bandung. Selain pendanaan, Abu Muslim disebutkan memiliki 'laboratorium' di rumahnya yang digunakan sebagai tempat merakit bom.

Dari tangan Agus Sujatno kala itu polisi menyita beberapa barang bukti. Di antaranya panci, paku, kabel, parafin, korek api kayu, baterai, kaleng, selotip, saringan, botol pembersih keramik, asam nitrat, HCL, aseton, dan hidrogen peroksida.

Polisi menyebut Agus Sujatno terafiliasi dengan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Akibat perbuatannya Agus Sujatno pun mendekam di Laas Nusakambangan pada 2017 dan bebas bersyarat pada 2021 lalu.

Agus Sujatno Jadi Pelaku Bom Bunuh Diri Astana Anyar

Hari ini, Agus Sujatno kembali beraksi di sekitar Polsek Astana Anyar, Bandung. Kapolri memastikan dari hasil pemeriksaan sidik jari dipastikan pelaku bom bunuh diri adalah Agus Sujatno.

Sigit menyebut Agus Sujatno merupakan eks napi teroris (napiter) yang ditahan di LP Nusakambangan.

"Pelaku terafiliasi dengan JAD Bandung atau JAD Jawa Barat. Tim bekerja untuk bisa menuntaskan apa yang terjadi," kata Sigit usai meninjau lokasi, Rabu (7/12).

Sigit juga mengatakan saat ini satgas telah bergerak untuk mengusut tuntas jaringan pelaku. "Dari olah TKP ini, kita lakukan proses pencarian terhadap kelompok yang terafiliasi dengan pelaku di TKP," kata Sigit. source

0 Komentar

close