Cara Kenali Ciri-ciri Akun Whatsapp Dihack Orang

Aplikasi perpesanan semisal Whatsapp bisa dibajak orang lain, karena itu kamu harus waspada dan mengenali ciri-cirinya. Dengan mengetahui tanda-tanda aku WA dihack orang, kamu bisa mengantisipasi dan memperbaikinya sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

Ada beberapa ciri-ciri akun WA kena bajak orang yang perlu kamu ketahui. Berikut ini tanda-tandanya yang mesti kamu kenali.

1. WhatsApp error

Ciri pertama adalah aplikasi WA sering mengalami error dan mulai melambat saat dibuka. Bila sudah begitu, Whatsapp kamu sering keluar masuk sendiri.

2. Baterai cepat habis

Baterai HP tiba-tiba lebih cepat habis meski sudah penuh dicas. Salah satu penyebabnya yaitu HP kena hack selain karena alasan lain seperti banyak main game, nonton Youtube dan terlalu banyak membuka aplikasi.

Nah, jika pengguna merasa baterai cepat habis padahal tidak membuka aplikasi berlebihan, bisa saja HP kamu sedang dikendalikan orang lain.

3. Akun tiba-tiba nonaktif

Akun yang tiba-tiba tidak aktif bisa jadi akun WA telah diambil alih alias dihack orang lain.

Yang kerap terjadi biasanya, akun WA mencoba dihack oleh orang tak bertanggung jawab. Lalu, mereka mengaku telah diretas sehingga pihak Whatsapp melakukan tindakan menonaktifkan akun.

Atau, akun WA tiba-tiba statusnya online padahal kamu sedang tidak membuka aplikasi. Berarti, ada orang lain yang sedang menggunakan akun WA kamu.

4. Pemberitahuan yang tidak biasa

Jika mendadak HP sering dapat notifikasi berisi pesan yang tidak jelas, bisa jadi karena akun WA sedang berusaha dibajak orang. Untuk itu, kamu harus waspada.

5. Ada aplikasi mencurigakan

Secara tidak sadar kamu telah menginstall aplikasi tertentu. Biasanya aplikasi itu didapatkan dari mendownload lewat link tautan yang dikirim oleh orang tak dikenal. Kemudian aplikasi yang sudah terpasang di HP kamu meretas akun WA, email, perbankan, dan aplikasi pribadi lainnya.

6. Muncul pesan aneh

Kemunculan pesan aneh yang hinggap di WA, bisa jadi akun WA kamu sedang dibajak orang lain.

7. Pesan terbaca sendiri

Kalau tanda ini sudah jelas akun WA kamu telah dibajak atau digunakan orang lain. Biasanya akun WA yang ada di ponsel discan ke Web Whatsapp oleh orang tak bertanggung jawab. Untuk itu, jangan sembarangan simpan HP.

8. Akun WhatsApp masuk di perangkat asing

Untuk tanda ini, cara mengatasinya dengan mengklik titik tiga di pojok kanan dan pilih "Linked devices". Setelah itu, lihat ada tidak perangkat yang mencurigakan, jika ada, segeralah lakukan logout.

9. WA keluar sendiri

Jika akun WA tiba-tiba keluar sendiri berarti WA kamu sudah dikuasai orang lain yang login melalui perangkat lain.

10. OTP

Tanda lain akun WA dihack orang yaitu kamu mendapat kiriman kode OTP. Hal itu bisa terjadi karena orang lain sedang berusaha masuk ke akun WA milik kamu. Pastikan jangan memberikan kode OTP kepada siapapun.

0 Komentar

close