Penggunaan GB WhatsApp Bisa Dikenali dari Tampilan Berbeda Hingga Centang Satu

Aplikasi GB Whatsapp atau Whatsapp tiruan memiliki fitur tambahan melebihi aplikasi resmi meski menyimpan bahaya berupa pencurian data pribadi oleh pengembang. Berikut ini ciri-ciri yang bisa kamu kenali dari pengguna yang menggunakan aplikasi tak resmi ini.

Secara tampilan GB WA memang sekilas mirip dengan Whatsapp versi resmi. Namun, GB WA menawarkan fitur tambahan yang tak ada di WA asli. Hal itulah yang membuatnya diminati banyak pengguna.

Masalahnya, banyak pengguna yang tak tahu soal kerentanan keamanan dan privasi yang ada pada aplikasi ini. Meta selaku induk perusahaan Whatsapp menggugat terhadap sejumlah pengembang pihak ketiga sebagai pengembang GB WA yang diduga terlibat pencurian data 1 juta akun.

Beberapa perusahaan yang digugat Whatsapp di antaranya, Beijing Luokai Technology Co. Ltd, Rockey Tech HK Ltd, ChitChat Technology Ltd.,. Ketiga pengembang ini menaungi sejumlah app pihak ketiga.

"WhatsApp dan Meta telah mengumpulkan bukti bahwa Anda telah mengembangkan dan mendistribusikan-menggunakan situs web heymods.com ('Situs') dan platform pihak ketiga lainnya, termasuk Google Play Store, app, APKSFree, iDescargar, dan Malavida-beberapa aplikasi tidak resmi (termasuk, sebagai contoh saja, HeyWhatsApp dan GBWHATSAPP," dikutip dari berkas gugatan.

Terlepas dari gugatan itu, pemakaian GB WA bisa diketahui dari berbagai indikasi. Berikut ini tanda-tanda yang bisa dikenali dari penggunaan GB Whatsapp:

1. Tampilan Aplikasi 

Aplikasi GB Whatsapp memberi fitur kepada pengguna untuk mengubah dan mengganti jenis font pesan teks. Tak hanya itu, pengguna GB WA juga dapat mengganti tampilan, tata letak status dan lainnya.

2. 'Terakhir dilihat' tak sesuai

Pengguna GB WA dapat mengatur fitur 'Last Seen'. Jika melihat pengguna yang ada di kontak kamu menampilkan 'Last Seen' yang tak sesuai seperti waktu kemarin atau waktu lampau, padahal dia masih chat dengan kamu 10 menit lalu, maka itu termasuk ciri penggunaan GB WA.

3. Online tersembunyi

Fitur tambahan lainnya di aplikasi GB WA adalah menyembunyikan status online. Jika kamu sedang berkirim pesan dengan teman namun dia tak terlihat online, maka ia bisa diindikasi menggunakan GB WA.

Meski begitu, fitur semacam ini mulai hadir di WA asli hasil uji tahun lalu. Kemunculan status online bisa diatur disesuaikan untuk kontak-kontak tertentu.

4. Centang pesan tersembunyi

Pengguna GB WA bisa menyembunyikan centang biru atau centang dua yang menjadi tanda pesan terkirim. Ketika pesan dikirim ke pengguna GB WA akan terlebih dahulu centang satu. Padahal kontak tersebut sebenarnya telah melihat dan membaca pesan yang dikirim itu.

5. Kirim chat tanpa simpan nomor

GB WA memiliki fitur untuk mengirim pesan tanpa menyimpan nomor terlebih dahulu. Selain itu, identitas pengirim pesan juga bisa tidak dikenali atau disembunyikan, sehingga penerima pesan tidak mengetahui pengirimnya.

6. Pesan yang dihapus memiliki tanda khusus

Whatsapp asli atau resmi memiliki fitur pemberitahuan jika pesan telah dihapus dengan notif 'Anda telah menghapus pesan ini'.

Bagi pengguna GB WhatsApp, pesan yang terkirim lalu dihapus, pesan itu tidak langsung terhapus. Pengguna GB WA masih bisa membaca dan membalas pesan yang kamu hapus.

Selain itu, ciri pesan yang kamu hapus akan memunculkan tanda lingkaran berwarna merah.

7. Bisa unduh status pengguna lain

GB WhatsApp memungkinkan dapat mengunduh status pengguna lain dari kontak tersimpan. Pengguna GB WA bisa mendownload status tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

0 Komentar

close