Piala AFF 2022: Indonesia Pernah Kalahkan Filipina 13-1

Timnas Indonesia akan melakoni laga tandang melawan Filipina dalam lanjutan fase grup Piala AFF 2022 yang bakal digelar di Stadion Rizal Memerial, Manila, Filipina pada Senin (2/1/2023) pukul 19.30 WIB.

Bagi Indonesia, laga ini krusial untuk menjaga asa lolos ke semifinal Piala AFF. Saat ini, Skuad Garuda berada di posisi kedua klasemen di Grup A dengan raihan 7 poin, kalah selisih gol dari Thailand. 

Sementara itu, Kamboja berada diurutan ketiga dengan raihan 4 poin. Sedangkan Filipina menempati peringkat 4 dengan torehan 4 poin. 

Dengan satu laga yang tersisa, sulit bagi Filipina untuk lolos ke empat besar bersama Brunei Darussalam yang terpuruk di dasar klasemen dengan 0 poin.

Hanya tiga tim di Grup A yang memiliki peluang untuk mengamankan tiket semifinal Piala AFF 2022. Yaitu, Thailand, Indonesia dan Kamboja. 

Catatan Indonesia Vs Filipina 

Selama bergulir piala AFF sejak tahun 1996, sudah delapan kali Indonesia bertemu Filipina. Hasilnya, Tim Indonesia menang lima kali, imbang dua kali, dan sekali kalah.

Pertama kali Timnas Indonesia bertemu Filipina di Piala AFF 1998, Skuad Garuda meraih kemenangan telak dengan skor 3-0.

Selanjutnya, kembali bertemu Filipina pada Piala AFF 2000 dengan kemenangan Indonesia 3-0. Berikutnya, di Piala AFF 2002 dalam drama empat belas gol, Indonesia menang besar atas Filipina dengan skor 13-1. 

Ketiga belas gol itu dicetak oleh Bambang Pamungkas dan Zaenal Arief masing-masing mencetak empat gol. Budi Sudarsono, Imran Nahumarury dan Bejo Sugiantoro juga ikut sumbang gol.

Drama 14 gol tersebut menjadi mimpi buruk Filipina. Mereka mulai melakukan perbaikan secara menyeluruh termasuk menggalakkan program naturalisasi pemain.

Hasilnya Timnas Indonesia tak bisa lagi menang besar saat melawan Filipina. Kemenangan terakhir diraih Indonesia dalam laga tandang di semifinal leg kedua Piala AFF 2010 dengan skor 1-0.

Setelah itu, Indonesia puasa kemenangan. Bahkan di Piala AFF 2014, Indonesia dibantai tanpa ampun dengan skor 4-0. Di Piala AFF 2016 meraih hasil imbang 2-2 dan kembali imbang 0-0 di Piala AFF 2018.

Apakah Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan atas Filipina? Atau Filipina akan menggagalkan upaya Indonesia meraih tiket ke semifinal Piala AFF 2022.

Semoga Skuad Garuda dapat menumpas Filipina dengan kemenangan besar seperti yang pernah terjadi di Piala AFF 2002. Bravo Timnas Indonesia, semoga sukses.

0 Komentar

close