Ratusan Aparatur Desa Aceh Tengah Kepung Kantor DPRK

Ratusan aparatur desa di Kabupaten Aceh Tengah menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kantor DPRK Aceh Tengah, Selasa, (7/3/2023).

Massa terdiri dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Aceh Tengah dan Forum Reje Kampung itu menuntut pembayaran Pengasilan Tetap (Siltap) yang belum terealisi sejak Desember 2022 lalu. 

Seluruh peserta demo tampak serentak menggunakan seragam dinas coklat dan melakukan konvoi dari jalan di depan DPRK menuju Halaman DPRK, sambil bergantian berorasi menuntut pencairan siltap.

“Kami hari ini menuntut pembayaran hak kami yang belum dibayarkan sejak Desember 2022 lalu hingga hari ini, kami juga mendesak pemkab Aceh Tengah, agar memperhatian PP No. 11 tahun 2019 dalam menyusun Perbup tentang penghasilan tetap,” sorak salah satu peserta demo, Adi Bale, Reje Kampung Hakim Bale Bujang. 

“Selain Siltap kami yang belum dibayar, pemkap juga belum membayar sisa pembagian hasil pajak tahun 2022 yang seharusnya sudah diabayar sejak akhir tahun lalu, namun hingga hari ini belum terealisiskan,” ucap Adi Bale.

Kata Adi, pihaknya menghadapi masyarakat setiap harinya, mengelola dana desa dengan baik dan mempertanggungjawabkan setiap tahunnya dengan honor yang sangat rendah, namun tidak dibayar tepat waktu.

“Sampai kami harus menggelar aksi hari ini, pemkab terkesan tutup mata dan tidak menghiraukan keluhan yang telah disampaikan jauh-jauh hari sebelum aksi ini kami gelar,” ucapnya.

Hingga pukul 12.00 WIB, peserta aksi yang diperkiran sejumlah 700  peserta masih bertahan di DPRK Aceh Tengah. source

0 Komentar

close