Begini Cara Duduk yang Benar Ketika Bekerja di Depan Komputer

Sering kali orang menyepelekan cara duduk yang benar saat sedang berada di depan layar komputer atau laptop. Padahal, dengan kesalahan duduk saat bekerja di hadapan komputer bisa memperburuk terhadap kesehatan tubuh terutama bagian punggung, tangan dan kaki. 

Dengan duduk yang benar akan membuat badan tidak mudah cepat lelah dan nyeri yang biasanya sering dirasakan di area punggung dan sikut. Agar kerja tetap maksimal dan kesehatan tetap terjaga, maka perlu menerapkan cara duduk yang benar saat bekerja di depan komputer sebagai berikut.

1. Tegakan badan

Ubah posisi badan ketika duduk. Yang tadinya agak membungkuk karena terlalu lama duduk, segera tegakan badan hingga posisi punggung lurus. 

2. Pilih kursi yang nyaman

Diupayakan memilih kursi yang nyaman sesuai dengan posisi tubuh. Kursi yang enak untuk dijadikan tempat duduk biasanya yang ada sandarannya. Sebaiknya jangan menggunakan kursi tanpa sandaran karena akan membuat tulang punggung menjadi tegang sehingga tidak bisa santai.

3. Posisi monitor yang benar

Tempatkan layar komputer atau laptop di posisi yang benar. Sesuaikan dengan pandangan mata, jangan terlalu tinggi atau rendah. Paskan di posisi tengah atau tergantung enaknya. Begitu juga atur sedemikian rupa jarak pandang antara mata dan layar monitor, jangan terlalu jauh atau dekat.

4. Pakai keyboard yang nyaman

Keyboard komputer yang sering digunakan untuk bekerja biasanya keyboard model kabel. Jika memungkinkan ganti menggunakan keyboard bluetooth karena akan lebih fleksibel dalam penggunaannya. Seperti, bisa diletakan di paha dan dipindahkan posisinya sesuai dengan nyamannya saat bekerja.

0 Komentar

close