Mahfud MD ke Batam Usut Kasus Perdagangan Orang: Tidak Digaji, Disiksa dan Dibuang ke Laut

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD akan berangkat ke Batam, Kepulauan Riau, untuk menindak tegas kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

“Hari Kamis mau ke Batam mau menindak ini (perdagangan orang),” ujar Mahfud saat menyampaikan ceramah tarwih di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Minggu malam (2/4/2023).

Mahfud menyebut di lokasi yang hendak didatangi itu terdapat pusat-pusat pembagian paspor gratis, kemudian penerima paspor akan dikirim ke luar negeri dengan dijanjikan mendapat pekerjaan. “Dikirim ke luar negeri, kerja di kapal-kapal, kerja di luar negeri, enggak digaji,” ungkapnya.

Selain tidak digaji, kata Mahfud, para korban juga mendapat perlakuan kejam, disiksa, hingga dibuang ke laut jika meninggal. “Kalau meninggal dibuang ke laut, enggak digaji, disiksa,” ucap Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud MD tidak menampik adanya dugaan bahwa sindikat perdagangan orang sengaja menenggelamkan perahu yang mengangkut pekerja migran Indonesia untuk mengelabui aparat.

Dugaan itu merupakan hasil investigasi dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) terhadap kasus tewasnya sejumlah pekerja migran Indonesia akibat kapal pengangkut mereka karam di Perairan Johor Baru pada tanggal 15 Desember 2021.

“Ya, bisa jadi, bisa jadi banyak terjadi seperti itu,” ujar Mahfud kepada awak media di Kampus UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Sabtu (1/4/2023).

Menurut dia, tindak pidana itu dengan cara yang jahat dengan mengirim orang ke luar negeri, kemudian dijadikan budak, bahkan jika di tengah perjalanan sakit ditenggelamkan atau dilempar ke laut.

Mahfud menuturkan bahwa kasus TPPO dengan modus semacam itu mulai muncul di Indonesia. “Indonesia mulai terjerat atau terjebak ke hal-hal seperti itu, kejahatan perdagangan orang itu sudah mulai. Oleh sebab itu, kita tindak. Ada undang-undangnya,” ujarnya. source

0 Komentar

close