Banjir dan Ancaman Erosi Terus Mengancam Desa Seumantok, Kabupaten Aceh Barat

Puluhan rumah warga di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat masih terendam banjir akibat hujan lebat, yang telah terjadi selama beberapa hari terakhir. 

Ada sekitar 41 kepala keluarga yang terdampak banjir luapan air sungai. 

Camat Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Zulkarnain, mengatakan bahwa persoalan banjir ini telah sering terjadi, khususnya saat hujan lebat.

Menurut Zulkarnain, penyebab banjir di kawasan tersebut adalah erosi yang terus merusak tebing sungai dan mengancam rumah dan pemukiman masyarakat. 

Dalam sepekan ini saja, telah terjadi dua kali puluhan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 50 sentimeter di atas badan jalan.

Camat Zulkarnain menambahkan bahwa pihaknya mengharapkan agar persoalan terjangan erosi di Desa Seumantok segera diatasi oleh pihak terkait. 

Menurutnya, sepanjang 100 meter tebing sungai di kawasan tersebut harus ditangani dengan batu bronjong agar erosi tidak terjadi lagi.

Kepala Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Kasri, berharap agar persoalan banjir dan erosi yang terjadi di desanya segera mendapat perhatian dari pemerintah daerah. 

"Harapannya persoalan bencana alam ini segera diatasi, kami berharap perhatian pemerintah daerah agar segera mengatasi keluhan ini," kata Kasri.

0 Komentar

close