Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong Bisa Berbahaya

Ahli gizi mengingatkan bahwa minum kopi di pagi hari saat perut kosong bukanlah menu sarapan yang disarankan. Terdapat bahaya yang terkait dengan kebiasaan ini.

Sebagian orang mengonsumsi kopi sebagai minuman untuk memulai hari. Namun, jika diminum saat perut kosong, kopi dapat menjadi berbahaya bagi lambung.

"Kopi dapat merangsang produksi asam lambung yang dapat menyebabkan sakit perut atau gejala refluks asam (mulas)," kata ahli gizi Christina Manian seperti yang dilaporkan oleh Real Simple.

Selain itu, kopi juga dapat merangsang produksi hormon kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres.

Kortisol sebenarnya penting untuk mengatur gula darah, tekanan darah, dan metabolisme. Namun, dalam kadar yang tinggi, kortisol dapat menyebabkan hipertensi, peningkatan kadar gula darah, dan penurunan kepadatan tulang dalam jangka panjang.

Selain itu, minum kopi di pagi hari dengan perut kosong juga dapat menyebabkan kegugupan pada beberapa orang.

"Namun, banyak orang yang minum kopi sebelum makan mengalami kegugupan atau gejala masalah pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk mendengarkan tubuh Anda," kata Manian.

Oleh karena itu, disarankan untuk menyantap makanan terlebih dahulu sebelum minum kopi di pagi hari. Anda dapat mengonsumsi sepotong buah, telur rebus, roti panggang dengan selai atau alpukat, yogurt buah, atau kacang sebagai sarapan sebelum menikmati secangkir kopi.

0 Komentar

close