Operasi Militer Israel di Kamp Pengungsi Balata, Tiga Warga Palestina Tewas dan Lainnya Terluka

Pada Senin (22/5) waktu setempat, dalam sebuah operasi militer terbaru di wilayah Tepi Barat, para tentara Israel menembak mati sedikitnya tiga warga Palestina. Operasi tersebut dilakukan pada dini hari di kamp pengungsi Balata yang terletak di kota Nablus, Tepi Barat, dengan melibatkan buldoser.

Berita ini dilansir oleh Reuters dan The Times of Israel pada Senin (22/5/2023). Kementerian Kesehatan Palestina dalam pernyataannya mengonfirmasi sedikitnya tiga warga Palestina tewas dalam penembakan yang dilakukan oleh tentara Israel di area kamp pengungsi Balata pada dini hari, sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Balata merupakan kamp pengungsi Palestina yang berukuran besar dan terletak di wilayah timur Nablus.

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, sedikitnya tiga orang lainnya mengalami luka-luka, di antaranya satu orang dalam kondisi kritis. Namun, belum ada konfirmasi resmi dari militer Israel mengenai jumlah korban tewas dan luka dalam operasi tersebut.

Sejumlah gambar dan video yang tersebar secara online menunjukkan tentara Israel yang didampingi oleh buldoser bergerak melalui kamp pengungsi Balata yang padat penduduk. Suara tembakan terdengar dalam beberapa video tersebut.

Salah satu video bahkan menunjukkan tentara Israel menembak seorang pria dari belakang saat pria tersebut mencoba melarikan diri setelah melihat pasukan Israel datang dari sudut jalan.

Rekaman video lainnya menunjukkan tentara Israel menghalangi atau mendorong sebuah ambulans milik Bulan Sabit Merah yang hendak memasuki kamp pengungsi tersebut.

Hingga saat ini, militer Israel belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai operasi di Balata. Tel Aviv umumnya tidak merilis informasi saat operasi militer sedang berlangsung.

Meskipun belum jelas mengapa pasukan Israel memasuki kota Nablus dan kamp pengungsi Balata, bentrokan sering terjadi saat operasi semacam ini dilakukan oleh Tel Aviv di wilayah yang dikuasai oleh Otoritas Palestina.

0 Komentar

close