2 Hektare Lahan di Aceh Besar Terbakar

Aceh Besar - Kondisi musim kemarau telah menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menghanguskan sekitar dua hektare lahan di wilayah Gampong Data Makmur, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, pada Minggu malam, 11 Juni 2023.

"Api telah berhasil dipadamkan," kata Kepala Pelaksana Badan Pengendalian Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, pada Senin dini hari, 12 Juni 2023.

Ilyas menjelaskan bahwa kebakaran lahan terjadi sekitar pukul 19.10 WIB. Luas lahan yang terbakar mencapai sekitar dua hektare. Penyebab kebakaran saat ini masih dalam penyelidikan petugas.

Lahan yang terbakar berada di kawasan berbukit dan merupakan milik Syamsuar (42). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

BPBD Aceh Besar segera merespons informasi tentang karhutla tersebut dengan mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman. Hingga saat ini, petugas telah berhasil memadamkan api sehingga tidak menyebar dan membakar lahan lainnya.

"BPBD Aceh Besar mengerahkan dua unit armada damkar, masing-masing dari Pos Sibreh dan Pos Durung, ke lokasi kejadian," ungkap Ilyas.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengimbau masyarakat Aceh untuk mewaspadai potensi karhutla sebagai dampak dari dua fenomena perubahan iklim, yaitu El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD), yang menyebabkan kekeringan di wilayah Indonesia.

"Karhutla pada periode ini memiliki potensi lebih tinggi karena kekeringan. Suhu permukaan yang meningkat juga mempengaruhi lahan yang lebih mudah terbakar," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM), Nasrol Adil.

Daerah-daerah di wilayah Aceh bagian tengah, seperti Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan wilayah pegunungan lainnya, merupakan daerah yang rentan terhadap karhutla.

"Wilayah kaki bukit atau pegunungan ini sangat rentan terhadap karhutla. Saat ini, satelit kita belum mendeteksi adanya titik panas, tetapi kita tetap meminta agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar," tambahnya.

0 Komentar

close