Timnas Putri Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF Lawan Thailand

Timnas Putri Indonesia telah dipastikan akan menghadapi Thailand pada babak semifinal Piala AFF Wanita U-19 2023. Hal ini diketahui setelah pertandingan antara Thailand melawan Myanmar di laga pamungkas Grup C berakhir di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, pada Senin (10/7) malam WIB. 

Thailand berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 dan menjadi juara grup C, sedangkan Myanmar menempati posisi kedua.

Meskipun Myanmar tidak meraih hasil positif, mereka tetap lolos ke babak semifinal sebagai tim peringkat kedua terbaik. 

Menurut situs resmi PSSI, Indonesia akan melawan Thailand dalam semifinal Piala AFF Wanita U-19 2023 berdasarkan pernyataan resmi dari AFF.

"Peserta babak semifinal AFF U-19 Women's Championship 2023 telah ditetapkan setelah selesainya pertandingan grup malam ini. Babak semifinal akan berlangsung tiga hari lagi, Vietnam akan menghadapi Myanmar sementara Indonesia akan melawan Thailand," tulis AFF melalui website resminya.

Regulasi pertandingan menyatakan bahwa jika tim urutan kedua terbaik secara keseluruhan berasal dari Grup A atau Grup C, maka semifinal kedua akan mempertemukan Pemenang Grup A melawan Pemenang Grup C. Sementara itu, semifinal pertama akan mempertemukan Pemenang Grup B melawan Runner-Up Terbaik Keseluruhan dari Grup A atau C.

Berdasarkan aturan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat dua tim urutan kedua terbaik di Grup A dan C, yaitu Kamboja dan Myanmar. Keduanya mengumpulkan 3 poin. Namun, Kamboja hanya memperoleh 3 poin karena saat mereka menang melawan Timor Leste yang menempati peringkat terakhir di Grup A, jumlah poin dan gol tidak dihitung. Oleh karena itu, Myanmar dari Grup C menjadi runner-up terbaik yang berhak melaju ke babak semifinal.

Dalam babak semifinal, Indonesia dan Thailand merupakan semifinalis kedua sebagai juara dari Grup A dan C, sementara Vietnam sebagai juara Grup B akan berhadapan dengan Myanmar sebagai runner-up Grup C.

0 Komentar

close