Ditlantas Polda Aceh Launching Simulasi Uji Praktek SIM C

Direktoral Lalu Lintas Polda Aceh menggelar launching dan simulasi uji praktek SIM C di PJR Polda Aceh pada Senin, 07 Agustus 2023. Lapangan uji praktek SIM C ini akan digunakan untuk menguji keterampilan peserta dalam mengendarai sepeda motor.

Acara launching lapangan uji praktek SIM C dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kabid Humas Polda Aceh, Kadis Perhubungan Aceh, Jasa Raharja Aceh, IMI Aceh, pimpinan Dealer Honda Banda Aceh, serta komunitas ojek online dan pelajar.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Muhamad Iqbal Alqudusy, bersama dengan Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto, menjelaskan lapangan uji praktek SIM C yang baru ini merupakan bagian dari sosialisasi lintasan baru dengan bentuk huruf S.

"Lintasan ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan dan memperoleh SIM C," kata Dirlantas Kombes Pol Iqbal.

Dalam lintasan uji praktek SIM C, para peserta akan diuji kemampuan seperti keseimbangan, cara mengerem, dan mematuhi aturan selama uji praktek. 

Selain itu, jarak dalam lintasan juga telah diperlebar dari 1,5 meter menjadi 2,5 meter, sehingga peserta dapat lebih leluasa saat mengikuti uji praktek, meskipun materi yang diuji tetap sama dengan yang telah berlaku sebelumnya.

Dirlantas Polda Aceh juga menyampaikan apabila peserta uji praktek SIM C tidak lulus meskipun sudah mengikuti uji dua kali, mereka akan diberikan pelatihan tambahan.

Setelah resmi dibuka, beberapa undangan mencoba lintasan baru tersebut. Salah satu peserta uji, Taju, siswa dari MAN 1 Banda Aceh, mengatakan lintasan tersebut agak mudah dan menimbulkan sedikit kegugupan saat mengikuti uji.

Husni, salah satu peserta uji dari ojek online, juga memberikan tanggapannya bahwa lintasan baru ini sedikit lebih mudah daripada lintasan sebelumnya yang berbentuk huruf angka delapan dan zig-zag. Meskipun begitu, dia mengakui saat melewati tikungan U tetap sedikit sulit dalam mengatur keseimbangan.

Pengguna lain mengakui kesulitan saat mengatur keseimbangan di tikungan U dalam uji praktek SIM C.

0 Komentar

close